Peringati Hari Bhayangkara ke-74, Brimob Polda Jatim Gelar Napak Tilas ke Wisata Trowulan

Menyambut hari Bhayangkara ke-74 tahun pada 1 Juli 2020 mendatang, Polda Jawa Timur mengelar Napak tilas pemuliaan nilai-nilai Tri Brata Patih Gajah Mada mempersatukan nusantara dengan membentuk pasukan Bhayangkara.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Mojokerto dipilih karena disebut sebagai salah satu lokasi bersejarah terbentuknya Polri, yakni perjalanan perjuangan Patih Gajah Mada mempersatukan Nusantara.

Napak tilas yang diikuti oleh para Bintara Remaja yang baru masuk Brimob dan para perwira digelar sejak Selasa kemarin (23/06/2020). Dimulai dari wilayah Jombang tepatnya di pusat latihan Brimob, Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang.

Para peserta Napak tilas ini berjalan kaki hingga menuju komplek wisata Trowulan tepatnya Candi Tikus, Desa Temon, Kecamatan Trowulan. Kemudian berlanjut ke Candi Bajang Ratu bersama dengan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Muhammad Fadil Imran hingga berakhir di Pendopo Agung Trowulan.

Irjen Pol M Fadil Imran, Kapolda Jatim mengatakan, selain napak tilas pemuliaan nilai-nilai Tri Brata Patih Gajah Mada mempersatukan Nusantara, menyambut hari Bhayangkara yang ke-74 tahun pada 1 Juli mendatang, berbagai acara telah digelar oleh Polda Jatim.

Mulai dari Baksos (Bakti Sosial) di sekitar masyarakat di Kecamatan Trowulan, hingga sarasehan nilai-nilai luhur tribarata dari keluhuran pasukan Bhayangkara pada zaman kerajaan Majapahit.

“Kita sengaja memilih lokasi di Trowulan ini, yang merupakan pusat kerajaan Majapahit,” ungkapnya.

Dalam acara napal tilas kali ini diikuti oleh puluhan peserta mulai dari perwira utama hingga anggota Bintara remaja Brimob, untuk menggali nilai-nilai pasukan Bhayangkara yang melindungi melayani dan mengayomi masyarakat.

“Menggali nilai kesetiaan Satya Haprabu Setia pada Negara dan pimpinannya,” tegasnya. (sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :