Dalam Sehari, 5 Rumah di Mojokerto Jadi Sasaran Maling

Warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto digegerkan aksi kawanan pencuri dengan modus congkel jendela, Rabu (19/8/2020). Tak tangung-tangung, dalam sehari peran pelaku berhasil bobol 5 rumah sekaligus.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, korban pertama yang telah lapor aparat kepolisian yakni Aora Al Kahfi (22) warga Perumahan Japan Raya Jalan Mataram No 9 blok C5 RT 3, RW 14 Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Para pelaku, berhasil menggondol satu laptop dan uang tunai sebesar Rp 2 juta rupiah.

Aksi kawanan maling juga menyasar empat rumah lain di area lokasi yang sama.  Salah satunya rumah Fery Andi warga di lingkungan perumahan tahap 5 Japan Raya blok G 9 Nomor 27, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Dirinya mengaku aksi kawanan maling terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Namun dirinya baru menyadari rumahnya menjadi sasaran kawanan maling sekitar pukul 04.00 WIB.

“Saya taunya subuh. Bangun, tau-tau jendela terbuka. Dan barang-barang di ruang tamu acak-acakan dan dompet ada di lantai,” terangnya.

Setelah di cek, uang tunai sebesar Rp 200 ribu yang semula berada didalam dompet hilang. “Karena pada saat itu semua kamar saya kunci. Posisi dompet saya taruh di atas kulkas,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan korban lain bernama Roroh (62). Rumah yang dihuninya berada di blok G 9 Nomor 35 sempat disatroni kawanan pencuri dengan modus congkel jendela.

Dia juga mengatakan, aksi kawanan maling tersebut juga sempat menyatroni rumahnya. Namun gagal karena ketahuan. “Semalam rumah saya juga sempat menjadi sasaran. Namun, pelaku tidak sampai berhasil membawa kabur barang-barang. Karena saya bangun mendengar suara seperti orang mencongkel, kemudian saya bangun pelakunya kabur,” terangnya.
[sc name=”iklan-sisipan”]
Sementara untuk dua rumah warga lain yang juga menjadi sasaran kawanan maling hingga kini masih belum bisa di konfirmasi.

Ipda Wahib, Kanit Reskrim Polsek Sooko mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan, terkait aksi kawanan maling di perumahan Japan Asri, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pada Rabu dinihari (19/8/2020). “Kita sudah dapat laporan. Sementara ada satu korban yang lapor,” terangnya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan korban aksi kawanan pelaku ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Para pelaku memanjat pagar rumah, kemudian mencongkel jendela dan membuka pintu depan serta masuk melalui pintu depan. “Yang hilang untuk korban atas nama Aora Al Kahfi ada laptop dan uang tunai,”terangnya.

Sedangkan untuk korban lain yang juga menjadi sasaran kawanan maling, hingga kini masih dalam penyelidikan petugas. Pihaknya menduga, aksi pencurian ini dilakukan lebih dari satu orang.

“Kataya ada lima rumah yang menjadi sasaran, namun kita belum mengecek ke lapangan. Sebab yang lapor hanya satu orang,” tegasnya.

Sementara itu, Solahudin, salah seorang warga sekitar mengatakan, dengan adanya kejadian ini pihaknya berharap adanya patroli rutin yang dilakukan oleh anggota pihak kepolisian. Sebab kejadian serupa kerap terjadi di perumahan Japan Raya.

“Sangat jarang. Pihak kepolisian patroli ke lingkungan sini. Ya semoga dengan kejadian ini polisi bisa rutin keliling kampung untuk patroli,” tandasnya. (sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :