Sejak 1994, Warga Mojokerto Nikmati Listrik Mikrohidro, Tiap Rumah Bisa Dapat 2.500 Watt

Kolase : Bendungan, Rumah Turbin, PLTMH Kali Maron (KOMPAS.COM/MOH. SYAFIƍ)

Sebuah kawasan yang terpencil di Mojokerto, tepatnya di Dusun Janjing, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ada sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang kini dikelola oleh Paguyuban.

Listrik yang layaknya suplai dari PLN ini memanfaatkan aliran Kali Maron yang ada di dusun tersebut. Sehingga disebut PLTMH Kali Maron yang kini mengaliri 60 pelanggan di dusun tersebut.

Pembangkit listrik yang mulai dibangun pada 1992 dan dioperasikan pada Agustus 1994 itu memiliki kualitas yang cukup bagus. Kapasitas dayanya pun sudah ditingkatkan dari 12 KWH menjadi 25 KWH sejak tahun 2000.

Sehingga, warga di dusun Janjing yang merupakan bagian dari Dusun Sempur di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas ini bisa berlangganan dengan daya 450VA, 900VA, 1300VA hingga 2.500VA.

Sekedar catatan, Desa Seloliman terdiri dari tiga Dusun, yakni Dusun Sempur, Biting dan Balekambang. Sedangkan Janjing merupakan bagian wilayah Dusun Sempur yang lokasinya terpencil.

Kamun (63), warga yang tinggal di Dusun Janjing menceritakan, pembangunan PLTMH Kali Maron ini diinisiasi oleh PPLH Seloliman, LSM lingkungan hidup yang ada di Seloliman.

“Ditawari PPLH untuk membuat listrik sendiri, masyarakat mau. Masyarakat guyub dan mau gotong-royong, akhirnya bisa punya listrik sampai sekarang,” ungkapnya, seperti dikutip dari Kompas.com

Sejak saat itulah, kampung yang masih tak dialiri listrik dan menggunakan lampu pelita bisa memiliki listrik sendiri. Hal ini pun langsung berdanpak pada pendudikan dan perekonomian warga sekitar.

Bahkan, pada tahun 2003 hingga 2019, Paguyuban Kalimaron menjalin kerja sama interkoneksi dengan PLN dan menjual kelebihan listriknya ke PLN, per bulan sekitar Rp 9 hingga 10 juta, dan hasilnya bisa dugunakan paguyuban untuk pengembangan.

Kini, ada 60 nama pelanggan dari Listrik Kali Maron yang meliputi pelanggan rumah tangga maupun pelanggan sosial, seperto musala maupun fasilitas umum lainnya.

Lanjutan… Ini Cara Kerja PLTMH Kali Maron hingga bisa Hasilkan Listrik berkualitas..

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :