Keren, Fenomena Topi Awan di Atas Gunung Welirang, Ini Kata BMKG dan Ini Videonya

Fenomena alam nan indah di atas Gunung Welirang terlihat oleh warga Mojokerto pada Kamis (05/11/2020). Fenomena awan unik berupa Topi awan.

Afni, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas yang melihat mengaku, fenomena awan berbentuk topi tersebut terlihat di atas puncak gunung sekitar pukul 05.15 WIB. “Bagus sekali, enggak seperti biasanya,” ungkapnya

Kata Afni, bentuk sempurna kumpulan awan putih di atas Gunung Wlirang tersebut terlihat indah bersamaan dengan matahari yang mulai muncul dan disertai angin hingga awan tersebut memudar sekitar pukul 07.00 WIB lebih.

Fenomena topi awan ini juga terlihat dari Kecamatan Gondang yang jaraknya sekitar 10 kilometer.

Sementara Teguh Tri Susantoo, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Sidoarjo mengatakan, fenomena awan yang menumpuk yang nampak di atas Gunung Wlirang merupakan awan jenis Lentikularis. Awan tersebut, tumbuh di sekitaran gunung/dataran tinggi.

Menurutnya, secara umum fenomena awan Lentikularis tidak menunjukan adanya tanda tanda bahaya, hanya saja menghawatirkan bagi dunia penerbangan.

“Cukup Berbahaya jika ini dalam dunia penerbangan karena pesawat akan mengalami turbulensi/guncangan,” terangnya.

Awan Lentikularis ini, terjadi akibat akibat adanya gelombang Gunung atau Angin lapisan atas (di atas permukaan) yang cukup kuat dari suatu sisi gunung membentur dinding pegunungan.

Sehingga bisa menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya dan membentuk awan-awan bertingkat yang berputar seperti lensa. “Berbahaya bagi penerbangan rendah seperti Helikopter di sekitar awan,” terangnya.

Fenomena ini jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau waktu- waktu tertentu, biasanya ditandai adanya kecepatan angin yang cukup kuat lebih dari beberapa hari di sekitar pegunungan.(sma/udi)

Ini Video Fenomena Awan Berbentuk Topi di atas Gunung Welirang :

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :