Ini 5 Kabar Baik dari Nadiem Makarim soal Bantuan hingga Honorer diangkat Jadi ASN

Nadiem Makarim (foto : Antara)

Di tengah pandemi korona, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terus melakukan inovasi dan memantau proses pembelajaran di tanah air.

Termasuk memantau penyaluran bantuan kuota data internet di daerah 3T, yakni Terpencil, Terluar, dan Terdepan.

Bahkan, Nadiem Makarim juga mengunjungi sejumlah sekolah yang berada di Kabupaten Rote Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu.

Setidaknya ada 5 kabar baik yang disampaikan Mendikbud Nadiem Makariam :

1. Bantuan Kuota Internet

Mendikbud menegaskan, setiap bulannya bantuan kuota data internet gratis akan disalurkan sebanyak dua kali.

“Kalau kepala sekolah telah memenuhi tahapan secara benar, bantuan kuota data internet pasti disalurkan. Jika sampai terjadi demikian, saya pastikan tim saya di pusat untuk turun tangan,” ungkap Nadiem, seperti dikutip dari Tribunnews.com

2. Sekolah Tatap Muka

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, sekolah yang berada di zona hijau dan kuning Covid-19 sudah boleh menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah.

Mengutip laman ditpsd.kemdikbud.go.id, izin pelaksanaan sekolah tatap muka harus mendapat persetujuan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, guru, hingga orangtua siswa dan wajib menerapkan protokol kesehatan.

3. Dana BOS

Mendikbud Nadiem Makarim juga menyampaikan, sekolah di daerah 3T akan mendapat penambahan anggaran Dana BOS hingga Rp 3 triliun mulai tahun depan.

Sebelumnya, perhitungan dana BOS berdasarkan jumlah murid dan biaya per siswa disamakan. Kini, ditambah indeks kemahalan konstruksi (IKK).



4. Guru Honorer Diangkat Jadi ASN

Nadiem Makarim juga mengungkapkan, akan ada kuota 1 juta guru honorer yang akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui mekanisme Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Hingga saat ini, daerah baru menyiapkan 200.000 dari total 1 juta formasi yang disiapkan oleh Kemendikbud.

5. Digitalisasi Sekolah

Menurut Nadiem, kelemahan pendidikan di tengah pandemi Covid-19 adalah keterbatasan akses internet dan ketersediaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pada tahun 2021, Kemendikbud akan memprioritaskan program digitalisasi di sekolah melalui bantuan TIK.

(tim/sma)
Redaksi : Suara Mojokerto
Sumber : tribunnews.com
https://makassar.tribunnews.com/amp/2020/11/16/4-kabar-gembira-dari-nadiem-makarim-soal-sekolah-tatap-muka-hingga-guru-honorer-diangkat-jadi-asn

Baca juga :