Ini 7 Cara Efektif Padamkan Api yang Tak Berkobar tak Terkontrol

Kebakaran sering membuat orang panik, apalagi apinya membesar berobar dan tak terkontrol. Seperti pipa gas yang bocor dan lainnya.

Nah, ada beberapa cara ketika api tersebut susah dipadamkan dengan air. Bahkan terkadang api justru semakin membesar bila disiram air.

Nah, yang harus dilakukan adalah jangan panik. Lalu, lakukan bebeapa langkah, seperti berikut ini :

1. Menggunakan soda kue
Dengan menebarkan sejumlah soda kue ke api. Ini akan mampu memadamkannya karena soda kue mengeluarkan karbon dioksida, asalkan api masih kecil.

2. Menggunakan pasir
Pasir akan memutus pasokan oksigen api hingga meredakannya. Pasir yang ditebarkan bisa pasir kering maupun basah. Tanah juga bisa jadi alternatif lain.

3. Menggunakan karung basah
Jangan menggunakan lap basah, karena kandungan airnya akan segera hilang terkena api, justru lap tersebut akan ikut terbakar. Lebih baik menggunakan karung basah yang seratnya lebih susah terbakar.

4. Menutup benda
Jika api tersebut berada dalam sebuah benda, seperti wajan penggorengan, bisa ditutup dengan sesuatu yang kedap udara. Itu akan langsung menghabiskan suplai oksigen api dan membuatnya berhenti.

5. Menggunakan alat pemadam
Tabung pemadam dirancang khusus untuk memadamkan api karena adanya kandungan sodium bikarbonat dan aluminium sulfat. Campuran kedua hal itu menciptakan busa serta gas karbon dioksida.



Baca Juga :
Pipa Jargas di Mojokerto Bocor, Api Tiba-Tiba Menyembur hijgga 2 Meter

6. Dipukul-pukul dengan batang kayu dan dedaunan
Cara seperti ini atau metode “gepyok” adalah cara manual yang tujuannya adalah memadamkan bara api penyebab api tidak terkontrol.

7. Mengarantina api
Intinya, bertujuan untuk memotong jalur oksigen agar tak bisa mensuplai api. Perbedaannya adalah api dibiarkan berkobar tanpa memberikannya material untuk terbakar lagi.

Namun, ketika api terlalu besar dan sulit dipadamkan sebaiknya segera memanggil unit pemadam kebakaran. Karena mereka sudah terlatih dan memiliki keahlian memadamkan api.(sma/udi)

Baca juga :