Sungai di Mojokerto Meluber, 85 Rumah Warga Terendam Banjir

Bencana banjir dan longsor masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto seiring dengan cuaca ekstrem yang kerap terjadi. Seperti yang terjadi pada Minggu (07/02/2021) mulai sore pukul 15.17 hingga malam hari.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, hujan lebat dalam waktu yang lama mengakibatkan sungai Sumber Pasinan di Punggung Meluber.

Hal ini berdampak pada 85 rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasing, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang banjir dengan ketinggian air di dalam rumah antar 40-50 cm. Sedangkan di jalan sepanjang 4 kilometer juga terendam banjir dengan ketinggian 30-50 cm.

Muhammad Zaini, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, selain masuk rumah warga, baniir juga merendam tanaman padi yang baru berusia 2 bulan di lahan seluas 15 hektare.

“Warga sudah berupaya membuat tanggul darurat di teras-teras rumah mereka, kita juga siagakan mobil untuk evakuasi jika banjir semakin tinggi,” ungkapnya.

BPBD juga merekomendasikan agar ada program normalisasi sungai Sunber Pasinan, Sumber Kaligoro dan Sumber Sooko. “Kita rekomendasikan agar ada normalisasi dan pembangunan tanggul permanent di tiga sungai tersebut,” pungkasnya.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :