Jembatan di Mojokerto Putus dan Ambruk, Beberapa Rumah Warga Terancam

Jembatan di Mojokerto yang menghubungkan beberepa desa mengalami rusak parah, putus dan ambruk. Jembatan itu ada di Dusun Sumberdadi, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, sebelumnya di area jembatan tersebut memang mengalami erosi, namun belum tersebut pembenahan ileh pemda, hingga akhirnya ambrol.

Selain menutup akses antarkampung, akibat ambruknya jembatan pada Kamis, (01/04/2021) sekitar pukul 01.00 WIB, usai hujan deras itu membuat sedikitnya empat rumah warga yang juga terancam longsor.

Sementara akibat putusnya akses jalan ini, warga Desa Gunungsari yang hendak menuju Desa Cinandang maupun sebaliknya harus memutar arah sejauh kira-kira tiga kilometer.

“Jalan dan jembatan ini kan lalu lintas warga kalau mau ke taninya. Sama jalan alternatif ke Gresik sama Lamongan. Ini kan akses utama masyarakat ke sawah, kalau kaya gini mutar sejauh empat kilometeran jadinya. Harapannya segera diperbaiki pemerintah,” ucap Subhan warga sekitar.

Sementara, Kepala Desa Gunungsari Susanto mengatakan, selain menggerus jalan, longsor juga berimbas ke permukiman warga yang berada di sisi utara jembatan kini terancam ikut longsor.

’’Kanan-kirinya tidak ada plengsengannya, yah otomatis tergerus air lama-kelamaan. Ini saja ada sekitar empat rumah warga yang dekat dengan bibir sungai dan jalan terancam tergerus lagi,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, pemerintah daerah bisa memberikan alternatif seperti jembatan darurat, agar akses 350 Kepala Keluarga (KK) ke lahan pertanian, maupun ke sekolah-sekolah bisa tetap dilakukan seperti biasa.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :