Ini Cara Mengatasi dan Pertolongan Pertama Orang Digigit Ular

Banyak yang belum memahami cara memberokan pertolongan pertama pada korban gigitan ular. Sehingga, kerap dilakukan cara yang kurang tepat dan justru memperparah kondisi si korban.

Mengutip klikdokter.com, sebagian ular atau sekitar 15 persen dari ular di seluruh dunia itu mengandung bisa atau racun berbahaya. Artinya, orang yang digigit bisa terkena bisa atau racun yang masuk ke tubuhnya.

Nah, yang penting adalah jangan panik ketika ada yang digigit ular, tapi lakukan langkah pertolongan pertama seperti berikut ini :

1. Pastikan Korban tidak panik dan Bersikap Tenang serta tidak banyak melakulan gerakan.
2. Tempatkan korban di posisi aman dan datar. Tapi pastikan Area Tergigit Berada di Bawah Jantung atau tidak lebih tinggi dari pada jantung atau dada.
3. Lepaskan Segala Benda di Sekitar Luka Gigitan, seperti asesoris, cincin dan gelang dll.

4. Hindari menghisap luka gigitan ular dengan mulut atau menyentuh luka gigitan, apalagu membuat sayatan. Karena bisa jadi itu mengandung racun atau bisa yang membahayakan.
5. Hindari melakukan pembendungan ketat terhadap Bagian Tubuh Tertentu. Karena akan menghentikan aliran darah yang justru bisa terjadi kematian jaringan total hingga berujung pada amputasi.

6. Hindari Pemberian Makanan atau Minuman karena korban rentan tersedak ketika kehilangan kesadaran. Hindari juga untuk memberikan minuman, berupa alkohol atau kopi karen bisa mempercepat diserapnya racun oleh tubuh.

7. Segera Cari Pertolongan jika ada perburukan kondisi korban. Biasanya, setelah gigitan ular berbisa, timbul rasa nyeri terbakar yang cukup berat di area tersebut dalam waktu 15-30 menit.

Kondisi dapat berkembang menjadi pembengkakan, memar, serta perubahan warna pada luka hingga ke lengan atau tungkai. Sehingga perlu penanganan medis secepatnya.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :