Peduli Warga Isoman, Satpol PP Ubah Mobil Operasional Jadi Ambulan

Sebagai bentuk kepedulian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto terhadap warga yang isolasi mandiri (isoman), mereka mengubah kendaraan operasional menjadi mobil ambulans darurat dalam penanganan Covid-19.

Informasi yang dihimpun oleh suaramojokerto.com, Kepala Satpol PP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono mengatakan, pengguna mobil operasional yang biasanya digunakan untuk monitoring terkait perizinan di sejumlah jalan protokol Kota Mojokerto. Tidak lain untuk membantu penanganan Covid-19.

Sebelum merubah mobil operasional, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait memanfaatkan mobil operasional sebagai kendaraan ambulans untuk membantu pasien Covid-19 yakni mereka yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Saat situasi ini ambulans di rumah sakit maupun Dinkes sudah kewalahan akhirnya kita berinisiatif mengubah kendaraan Satpol menjadi mobil ambulans yang mengangkut warga Isoman jika ada keluhan segera dibawa ke Faskes,” ungkapnya Sabtu (24/7/2021).

Dodik menyebut mobil ambulans Satpol PP ini juga telah dilengkapi sirine dan branding agar mendapat prioritas jalan saat mengangkut warga Isoman ke fasilitas kesehatan.

“Sudah kita sampaikan ke Dinkes Kesehatan bahwa Mobil ambulans Satpol PP mulai operasional hari ini, dan selalu kita siagakan di pos damkar” jelasnya.

Menurut dia, pihaknya melihat banyak masyarakat yang menjalani Isoman karena
dua kemungkinan yakni kapasitas ruangan isolasi mandiri penuh dan mereka takut ke rumah sakit. Syarat Isoman jika gejala ringan tidak ada keluhan dan tidak terlalu parah.

Sehingga, dia berharap keberadaan mobil ambulans Satpol PP ini dapat dimanfaatkan warga Isoman yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Masyarakat yang membutuhkan mobil ambulans itu khusus penanganan Covid-19 dapat menghubungi atau mendatangi kantor Satpol PP Jl Bhayangkara Kota Mojokerto.

“Kami melihat banyak warga Isoman namun sebagian dari mereka yang Isoman itu masih membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas sehingga dapat memanfaatkan mobil ambulans Satpol PP tersebut,”tandasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :