Masa Pandemi, Jamaah Bisa Cek Porsi Melalui Aplikasi Android

Aplikasi Pintar

Meski di tengah pandemi Covid-19, para calon Jamaah haji masih bisa mengecek nomor porsi keberangkatan haji melalui android. Hal ini untuk memastikan pada tahun berapa mereka akan diberangkatkan ke tanah suci.

Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto, Mukti Ali mengatakan keberangkatan haji sering mengalami perubahan yang disebabkan banyak faktor, antara lain pengurangan kuota haji bagi Indonesia, situasi pandemi, dan sebagainya.Nomor porsi yang terdiri atas 10 digit akan diberikan ketika calon jamaah membayar setoran awal di bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH ).

’’Namun, tahun ini Indonesia memilih untuk tidak memberangkatkan jamaah haji ke tanah suci karena terkena imbas pandemi virus corona (Covid-19).’’ ujarnya.

Mukti Ali menambahkan kendati demikian, tidak ada salahnya jamaah aktif mengecek nomor porsi keberangkatan haji melalui berbagai cara.Calon jamaah haji hanya membutuhkan akses internet untuk mengetahui nomor porsi keberangkatannya.

Mukti Ali, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto

’’Dengan genggaman smartphone, calon jamaah dapat secara mandiri mengikuti perkembangan jadwal keberangkatan melalui dua cara, yakni dari situs dan aplikasi.‘’katanya.

Untuk cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi via Situs Kemenag Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan fitur cek nomor porsi melalui situs yang dapat diakses baik melalui ponsel maupun personal computer (PC) Calon jamaah juga dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi software Kemenag yang tersedia untuk pengguna smartphone tipe Android.

‘’Untuk aplikasi haji pintar Calon jamaah haji dapat mengecek jadwal keberangkatan lewat aplikasi yang diunduh di Google Play Store’’ Pungkasnya.(sma/ADV)