Vaksinasi Kota Mojokerto Tertinggi Di Jatim, Pemkot Bakal Gelontorkan Dosis Kedua

Vaksinasi Kota Mojokerto menyentuh angka tertinggi di Jawa Timur. Target selanjutnya
dalam kurun waktu dua Minggu kedepan pemerintah Kota Mojokerto bakal mengelontorkan vaksinasi dosis kedua. Dari data yang diperoleh hingga saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di kota terkecil se-Indonesia sudah mencapai 95,34 persen dari total jumlah penduduk 46.041 ribu. Capaian herd immunity untuk Kota Mojokerto menjadi yang pertama di Jawa Timur per 8 Agustus 2021. Dengan totalan sasaran vaksin pertama mencapai 96.810 dosis, dan sasaran vaksin kedua 34.525 dosis.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menargetkan dua minggu ke depan pencapaian vaksin 100 persen untuk dosis kedua terpenuhi di Kota Mojokerto. “Stok vaksin telah tersedia di Kota Mojokerto guna memenuhi target 100 persen dosis kedua dengan 29.000  sasaran sehingga diperkirakan dua pekan lagi seluruhnya terpenuhi,” ungkapnya.

Saat ini, dosis kedua sudah berjalan dengan dua alokasi. Yaitu, alokasi pertama untuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun dilaksanakan di sekolah masing-masing. Kemudian untuk masyarakat umum dilaksanakan di RSUD Prof Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto yang pendafatarannya berdasarkan aplikasi gayatri.

Menurut dia, pelaksanaan vaksin Kota Mojokerto dosis pertama ini disebut sebagai yang tertinggi se Jawa Timur. Untuk itu dirinya akan berusaha mengusulkan ke pemerintah terkait aspirasi dua poin yang dihasilkan di tengah masyarakat Kota Mojokerto agar bisa menentukan perpindahan level di PPKM.

Pertama adalah pencapaian herd immunity dengan capaian vaksinasi sebesar 95,34 persen, dan kedua merupakan tingkat ke patuhan prokes mencapai 93 persen. “Kedua pencapaian itu tidak termasuk dalam enam indikator penentuan perpindahan level di PPKM yang sudah ditentukan Satgas Pusat Covid-19,” jelasnya.

Dirinya berharap dua poin itu dapat menjadi pertimbangan usulan ke Pemerintah Provinsi/ Pemerintah Pusat terkait penurunan level PPKM di Kota Mojokerto. “Semoga dua hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk bisa memberikan kelonggaran kepada Kota Mojokerto, karena kalau hanya didasarkan pada enam indikator tadi enggak masuk sama sekali,” tandasnya.

Data yang berhasil di himpun pada 6 Agustus 2021 capaian vaksinasi dosis pertama Kota Mojokerto telah mencapai 94,46 persen terhadap kelompok Tenaga Kesehatan, Lansia, Pelayanan Publik,  masyarakat rentan & masyarakat umum, serta remaja.(sma/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :