Pemkot Mojokerto Berikan Berbagai Fasilitas Gratis Untuk Siswa SD-SMP

Pemerintah Kota Mojokerto mempunyai cara
lain dalam upaya memberikan semangat siswa SD dan SMP dalam mengenyam pendidik di Kota Mojokerto.

Salah satunya pemerintah Kota Mojokerto memberikan berbagai fasilitas gratis bagi ribuan siswa yang bersekolah di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri atau swasta di Kota Mojokerto di tahun ajaran baru tahun ini. Mulai dari tas, seragam sekolah, hingga sepatu.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, berbagai fasilitas gratis dalam program prioritas dunia pendidikan di tahun 2021 ini diberikan oleh Pemkot Mojokerto kepada seluruh siswa SD dan SMP Negeri maupun swasta.

Nantinya, para siswa SD dan SMP yang bersekolah di Kota Mojokerto bakal mendapatkan fasilitas gratis mulai dari alat tulis, tas, seragam sekolah, sepatu yang dibagikan dimasing-masing sekolah. Bahkan penyediaan transportasi antar jemput pelajar.

“Total ada 2.556 siswa untuk SD Negeri-Swasta dan MI masing-masing dapat tiga stel pakaian. Lalu yang SMP sederajat sebanyak 2.714 siswa dapat tiga stel pakaian juga, dan tambahan tahun ini dapat sepatu juga,” ujarnya.

Dia menjelaskan program fasilitas gratis untuk ribuan siswa itu, tak lain satu dari dua program prioritas dunia pendidikan di saat pandemi COVID-19 ini.

Selain program fasilitas gratis tersebut, lanjut Ning Ita, ada mandatory spending atau belanja negara yang sudah diatur oleh undang-undang sebanyak 20 persen yang memang harus di alokasikan untuk dunia pendidikan selam ini.

“Tujuan mandatory spending ini adalah untuk mengurangi masalah ketimpangan sosial dan ekonomi daerah. Dengan memberikan kesiapan sarana prasarana sekolah, seperti IT, kamar mandi, renovasi gedung yang gak layak, dan kesejahteraan GTT dinaikkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Amin Wachid memastikan penyerahan seragam dan sepatu gratis akan dilakukan pada Jumat, 17 September 2021 ke masing-masing SD dan SMP Sederajat.

“Semua harus disalurkan dimasing-masing sekolah untuk semua siswa yang bersekolah di Kota Mojokerto Jumat nanti,” tandasnya(fad/ADV)