Polisi Mojokerto Razia Warga yang Pasang Stiker TNI di Kendaraan

Puluhan anggota Polisi Militer Denpom V/2 Mojokerto menggelar razia pekan kedisiplinan anggota TNI. Dalam razia kali ini petugas menemukan banyak masyarakat sipil mengunakan stiker atribut TNI.

Razia dalam rangka menyambut Hari Jadi TNI yang ke-76 kali ini dilakukan di jalan Brawijaya, Kota Mojokerto. Tidak hanya memberhentikan kendaraan dari unsur militer, mereka tak segan mengentikan masyarakat sipil yang kedapatan mengunakan atribut TNI.

Pantauan di lokasi, petugas yang berjumlah puluhan itu menghentikan setiap kendaraan yang mengunakan atribut TNI termasuk masyarakat sipil yang sengaja menempelkan atribut TNI dikendaraan mereka.

Kapten CPM Muhammad Rohim Pasih Penegakan Hukum Detasmen Polisi Militer
Denpom V/2 Mojokerto mengatakan, razia kali ini untuk mencegah penyalahgunaan striker TNI. Untuk itu, petugas meminta kepada semua pengendara mobil sipil untuk mencopot striker tersebut.

Operasi ini bertujuan untuk menekan dan mencegah terjadinya pelanggaran serta perbuatan hukum dari anggota TNI.

“Kita memeriksa setiap kendaraan yang memakai atribut TNI salah satunya stiker TNI harus di lepas karena banyak di manfaatkan masyarakat sipil dalam kegiatan kejahatan,” ungkapnya usai melakukan razia, Senin (27/09/2021).

Bukan hanya itu, kegiatan yang akan digelar selama tujuh hari kedepan hingga 4 September 2021 ini juga sebagai bentuk pendisiplinan anggota TNI saat jam dinas.

“Makanya razia ini kita lakukan di jam dinas, kita memeriksa setiap pengguna atribut TNI dan anggota yang melintas. Kita memriksa KTA hingga SIM, kalau kita temukan memakai kendaraan dinas, maka kita akan periksa SIM TNI nya dan juga surat surat kendaraan,” ucapnya.

Meski dalam razia kali ini tidak ditemukan pelanggan yang dilakukan oleh anggota TNI, namun anggota menemukan tiga sampai lima kendaraan milik masyarakat sipil yang menempelkan stiker atribut TNI.

“Tindakan yang pertama kita tanya peroleh dari mana dan pasti kita sita kalau itu memakai atribut TNI, termasuk penggunaan stiker atribut TNI bagi masyarakat sipil kita akan suruh mencopot sendiri, kita memperlakukannya seperti itu,” tandasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :