Sukses Kuatkan Ekonomi UMKM, Ning Ita, Walikota Mojokerto Jadi Pembicara di Apeksi 2021

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari kian menunjukkan taringnya di kanca nasional. Petinggi Pemkot ini didapuk sebagai nara sumber dalam Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2021, yang dipusatkan di The Rich Jogja Hotel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamis (14/10/2021).

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini dipercaya memaparkan materi Smart City, terkait dengan Ekonomi & UMKM pada hari kedua Forum APEKSI. Dihadapan peserta, Ning Ita dengan cakap menjelaskan secara gamblang tentang bagaimana strategi Pemerintah Kota Mojokerto dalam rangka penguatan ekonomi dan UMKM pada masa pandemi covid-19 melalui transformasi digital.

“Jumlah UMKM di Kota Mojokerto ini lebih dari 32 ribu, maka mereka kami berikan fasilitasi promosi, kemudian kami siapkan aplikasi belanja online, dan juga market place. Kebetulan UMKM di tempat kami sudah melek digital, tinggal bagaimana kami memastikan kegiatan marketing mereka disaat pandemi, seratus persen melalui digital marketing” kata Ning Ita.

Lebih lanjut Posisi kota Mojokerto sebagai kota penyangga dari Ibu kota provinsi Jawa timur, dan memiliki ribuan UMKM yang mendominasi. Membuat Pemkot Mojokerto mendorong sektor UMKM melalui pemberdayaan masyarakat dalam padat karya, diantaranya melalui inkubasi kemandirian pangan, serta inkubasi wirausaha.

“Untuk mendukung pengembangan UMKM kami juga melakukan fasilitasi terhadap pemberian merk, uji nutrisi, halal, dan layak ijin kepada produk-produk UMKM kami, karena sebagian besar produk UMKM kota mojokerto yang terkenal adalah kulinernya” ungkapnya

Diketahui selain memberikan fasilitasi pda UMKM, Pemkot Mojokerto juga turut memberikan fasilitasi untuk koperasi sebagai soko guru ekonomi nasional. Sekitar 190 koperasi telah diberikan pendampingan agar bagaimana koperasi dapat berkembang tidak hanya bisnis simpan pinjam.

“Melalui beberapa upaya tersebut maka bisa dilihat hasilnya pertumbuhan ekonomi kota mojokerto bisa naik kembali di era pandemi covid-19 yang sempat menurun” jelas Ning Ita.

Menutup pemaparanya, Ning Ita menyambut baik atas adanya Forum APEKSI yang bisa menjadi ajang sharing antar daerah atas potensi yang bisa digali dari masing-masing daerah. “Fungsi sharing seperti ini tentu bisa saling berbagi dan bersinergi, menginspirasi antara satu daerah dengan daerah lain, yang tujuanya kedepan adalah kota-kota di indonesia menjadi kota -kota yang cerdas” pungkasnya.

Selain Ning Ita, turut pula menjadi Narasumber dalam forum ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, serta Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.(hms/ADV)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :