HKN 2021, di Kota Mojokerto Ada Event Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku

Sejumlah RSU di Kota Mojokerto, termasuk RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto menggelar berbagai kegiatan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021. Ada 14 kegiatan yang digelar mulai 9 oktober hingga 13 November 2021.

Ketua Panitia HKN ke 57 tingkat Kota Mojokerto dr Achmad Rheza, SpOG mengatakan, digelarnya kegiatan dan lomba dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dan keakraban antar sesama tenaga kesehatan yang ada di kota Mojokerto.

Kegiatan diawali 9 oktober dengan donor plasma konvalesence dan donor darah unum di RSI Hasanah dengan sasaran masyarakat umum yg sdh sembuh covid maupun umum, Lomba tiktok dengan tema Vaksin dan Pentingnya ProKes mulai 8 Oktober -8 November yang di gelar secara online peserta masyarakat umum.

Vaksinasi masal pada 28 Oktober di SMK Raden Patah dan SMKN 2 Mojokerto dengan sasaran siswa. Histeroscopy pada 30 Oktober dengan masyarakat umum sebagai sasaran. Kejuaraan bulutangkis yang bertempat di GOR Bentar pada 25-27 Oktober 2021.

Sedangkan Bola voli ,tenis meja dan tarik tambang di gelar pada 25-30 Oktober di lapangan RSUD Wahidin Sudiro Husodo. Panitia juga menggelar webinar Online “ Merencanakan Generasi Sehat dan Berkualitas. “Untuk masyarakat umum pada 24 Oktober. Panitia dan BPJS juga menggelar webinar Online dengan tema. “Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi Tenaga Kerja bidang Kesehatan.“ yang diperuntukkan bagi Tenaga Kesehatan di Kota Mojokerto pada 27 Oktober.

RSUD Wahidin Sudiro Husodo juga menggelar USG 4 Dimensi pada 1 November dengan sasaran ibu hamil dengan usia kehamilan tertentu untuk mengevaluasi kondisi kehamilan dan janinnya. Donor darah di gelar pada 3 November di empat rumah sakit yakni RSUD Wahidin ,RS Emma,RS Kamar Medika, dan RS Gatoel. Panitia juga menggelar Talkshow secara hybrid ( Online dan Offline ) dengan tema Kondisi kesehatan Pasca Covid dan Masalah Anti Aging / Penuaan pada umumnya pada 6 November di Sunrise Mall.

Selain acara di Sunrise, pada hari itu juga diadakan kegiatan yang di pusatkan di RSUD Wahidin Sudiro Husodo yakni senam DM dan demo masak, counter gula darah gratis serta laparascopy MOW / sterilisasi ibu2 yang akan diadakan tgl 10 November dan akhirnya pada puncak acara yaitu tanggal 13 Novemver akan diadakan Gowes bersama Ibu Wakikota dilanjutkan dengan Upacara Puncak HKN ke 75. “Ada 17 kegiatan dan lomba yang di gelar dan sebagai acara puncak adalah upacara dan pembagian hadiah lomba-lomba.” ujarnya.

Dikatakannya, melalui kegiatan ini pihaknya ingin memberikan hal positif kepada masyarakat Kota Mojokerto , khususnya yang berhubungan dengan kesehatan. Menurutnya, inti dari peringatan HKN ini adalah untuk mengajak masyarakat memahami arti dari pentingnya menjaga kesehatan sesuai dengan tema HKN ke 57 yakni Sehat Negeriku Tumbuh Indonesia ku “Proteksi dini terhadap penyakit lebih baik daripada mengobati. Untuk itu kami berharap melalui rangkaian kegiatan ini kesadaran masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat bisa semakin meningkat,” pungkasnya.(sma/ADV)

Baca juga :