Harga Minyak Melambung, Pemkab Mojokerto Gelar Operasi Minyak Murah

Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Disperindag dan Dispari Kabupaten Mojokerto mengelar operasi pasar murah minyak curah di Pasar Tradisional Kutorejo. Mengingat hingga kini harga minyak curah terus melambung tinggi.

Dalam hitungan menit, puluhan karton minyak goreng kemasan dua liter dan puluhan kilogram curah yang disediakan Pemerintah Kabupaten Mojokerto ludes habis diserbu warga.

Salah satu pembeli minyak goreng kemasan, Nurmaningrum menjelaskan setiap pekan harga minyak goreng mengalami kenaikkan.

Harga normal minyak goreng kemasan yang kwalitas bagus saja Rp12 sampai Rp13ribu per liter, begitupun dengan harga normal minyak curah Rp12ribu per kilogram.

Namun, belakangan merangsek naik mulai dari Rp15-Rp18 ribu per liter. Sedangkan minyak curah dipasaran mencapai harga Rp20-Rp21 ribu per kilogram.

“Pasar murah ini lumayan membantu. Harganya selisih Rp1.000 sampai Rp2.000 an untuk kemasan. Lumayanlah, walau tetap pengaruh ke produksi saya. Keuntungan jadi nipis,”tegasnya.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengakui beberapa waktu lalu harga minyak goreng memang tercatat mengalami kenaikan dari Rp14 ribu menjadi Rp18 ribu.

Dan hal ini banyak dikeluhkan masyarakat terlebih bagi para pengusaha rumahan kerupuk dan ibu rumah tangga. Sehingga dalam meminimalisir tingginya harga minyak curah, pemerintah kabupaten Mojokerto mengadakan operasi asar murah dengan harga terjangkau.

Dirinya menyebut, kenaikan minyak goreng tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto saja. Melainkan juga, sebetulnya terpantau hampir menyeluruh secara nasional, karena permintaan ekspor yang tinggi.

“Operasi pasar minyak murah sendiri digelar mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB,” ungkapnya.

Kenaikan harga minyak goreng yang berdampak besar terhadap industri rumahan pengrajin kerupuk ini, menjadi perhatian khusus Pemkab Mojokerto. Sehingga, operasi pasar murah ini akan dilakukan beberapa hari ke depan. Bahkan, akan disediakan di wilayah pengrajin kerupuk-kerupuk.

“Tentu ini akan jadi perhatian kami semua di Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Operasi ini akan kami lakukan dalam beberapa hari ke depan. Nanti juga kita sediakan di kawasan industri kerupuk samiler,” tandasnya.

Sekedar diketahui, berikut beberapa daftar harga minyak goreng di operasi pasar murah harga Rp16.500 (1 liter merk Tropical), Rp8.500 (500 ml merk Fraiswell), Rp33.500 (2 liter merk Tropical dan Sunco).

Sedangkan, gula pasir kemasan curah Rp11.500 dan gula pasir kemasan merk Rp11.700. Ada juga telur ayam Rp18 ribu perkilogram, beras jenis bramu Rp 55 ribu kemasan 5 kilogram, hingga yang termurah Rp42.500 kemasan 5 kilogram.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :