Resmi Mengambil Formulir, Sembilan Kandidat PWI Bakal Bersaing Ketat

Hari pertama dibukanya pendaftaran bursa calon Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto, Jumat (19/11) langsung diserbu sejumlah pendaftar.

Bahkan, dari 12 wartawan yang berpeluang maju, sembilan di antaranya telah mengambil formulir di sekretariatan Konferensi IV PWI Mojokerto, Jalan Raya Pekayon, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Dengan pengambilan sembilan formulir tersebut, diprediksi konferensi yang mengangkat tema Menjaga Marwah Kebebasan Pers Yang Beretika dan Berbudaya, bakal berlangsung dinamis dan demokratis.

Sembilan nama tersebut di antaranya, Sholahudin Wijaya, Rahmat Syaiful Aris, Prayogi Waluyo, M. Ridwan, Achmad Supriyadi, Mujiono, Eko Budianto, M. Diak Eko Purwoto, dan Aminudin Ilham.

Meski baru tahapan pengambilan formulir, dinamika persaingan menuju kursi nomor satu di PWI sudah terasa.

Antarcalon bahkan sudah menyiapkan visi-misi dan program menuju PWI periode 2021-2024 yang lebih baik.

Ketua Panitia Konferensi IV PWI Mojokerto Mochammad Chariris mengatakan, dinamika dalam sebuah konferensi sudah menjadi hal biasa dalam sebuah organisasi.

Justru, dengan proses yang dinamis ini dia optimistis konferensi akan melahirkan sosok pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Dengan harapan, dapat memberikan manfaat bagi organisasi dan anggota ke depannya.

“Yang lebih penting dari kompetisi adalah nilai kebersamaan yang terbangun untuk membesarkan sebuah organisasi,” katanya.

Pasca pengambilan formulir, sembilan bakal calon wajib mengambalikan dengan disertai sejumlah berkas persyaratan pencalonan yang ditetapkan.

Seperti identitas diri, pembuktian status keanggotaan biasa dalam PWI, sertifikat lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan surat pernyataan bukan sebagai anggota partai politik maupun pegawai pemerintahan.

Pengembalian berkas pendaftaran dibatasi selama tiga hari. Terhitung mulai tanggal 22-24 November besok. Setelah berkas lengkap dan terverifikasi sah, bakal calon langsung ditetapkan sebagai calon ketua yang berhak dipilih pada konferensi tanggal 27 November mendatang.

“Proses pemberkasan ini kami maksudkan agar pemilihan berlangsung tertib, adil, dan terbuka,” imbuh Sekretaris panitia, Farisma Romawan.

Sebelumnya, panitia bersama anggota PWI Mojokerto juga menggelar tasyakuran dan doa bersama penempatan sekretariat panitia. Serta, dengan harapan, konferensi yang rencananya dihelat di Hotel De Resort Kota Mojokerto tersebut berlangsung lancar dan sukses.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :