Tahun Ini, Sebanyak 8 Ribu Anak di Mojokerto Putus Sekolah.

Sejak COVID-19 melanda, angka anak putus sekolah di Kabupaten Mojokerto meningkatkan. Tercatat sejak 2021 ada 8.000 anak diketahui putus sekolah, sementara 1.400 anak diantaranya memilih meneruskan pendidikan melalui sistem kejar paket.

Diduga, meningkatkannya jumlah anak putus sekolah ini lantaran pendidikan non formal yang diperuntukkan bagi siswa belum berjalan maksimal akibat terbentur pandemi.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, tingginya angak anak putus sekolah di Kabupaten Mojokerto menjadi pekerjaan baru yang harus diatensi. Mengigaat, pendidikan sangat diperlukan dalam keberlangsungan kehidupan.

Sehingga, ia berharap pendidikan non formal di kabupaten bisa kembali dimaksimalkan. Seperti, sekolah kejar paket atau sanggar belajar. Khususnya bagi anak-anak yang mengalami putus sekolah.

“Ini yang harus jadi perhatian bagi kita semua. Terlebih, tingkat pendidikan masyarakat termasuk dalam indikator pembangunan indeks manusia. Ini cukup memprihatinkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Kabupaten Mojokerto Zainul Arifin mengakui tahun ini masih banyak siswa yang memilih putus sekolah. Sesuai data yang ada, di Kabupaten Mojokerto hanya ada sekitar 1.400 warga yang bisa melanjutkan pendidikan lantaran sudah tercover dana APBN.

”Karena kalau untuk pendanaan anak yang putus sekolah dicover oleh pusat, dan yang tercover jumlahnya baru 1.400. Sehingga masih banyak yang belum bisa melanjutkan pendidikan kesetaraan,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan non formal bagi anak putus sekolah tidak bisa berjalan begitu saja. Sebab, perlu ada pembenahan anggaran yang difokuskan untuk pendidikan non formal.

Kata dia, selama dua tahun ini, pendidikan non formal sendiri jarang diperhatikan. Lantaran anggaran pemda banyak terfokuskan pada penanganan Covid-19.

”Perkiraan kita, nanti tahun 2023 baru bisa dimaksimalkan dan terperhatikan daerah untuk siswa yang putus sekolah ini. Jadi, tidak lagi bergantung pada dana dari pusat, semoga tahun berikutnya ada anggaran juga untuk pendanaan bagi pendidikan non formal. Dari situ pendidikan bagi warga yang putus sekolah bisa dituntaskan,” tandasnya.

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :