Antisipasi Kenaikan Jumlah Penumpukan, Polisi Mojokerto Dirikan Pos Vaksin di Terminal.

Hari Natal dan tahun baru (Nataru) tinggal beberapa hari saja. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 dan varian baru Omnicorn. Meski begitu, pemerintah tidak menutup akses terminal bus selama libur Nataru.

Bahkan Polisi Mojokerto bakal meningkatkan pengamanan dan pengawasan di terminal hingg menyiapkannya pos penyediaan vaksin gratis.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar mengatakan, terminal menjadi salah satu atensi petugas dalam peningkatan pengamanan selama libur panjang Nataru kali ini. Menyusul tingginya potensi penumpang bus angkot dari dan menuju Kabupaten Mojokerto.

“Hari ini kami lakukan pengecekan kesiapan dan persiapan Terminal (Kertajaya Mojoketo) menjelang libur panjang Natal dan tahun baru,” ujarnya saat melakukan inspeksi mendadak di Terminal Kertajaya Mojokerto Selasa (21/12/2021).

Kata dia, terminal tipe B di bawah naungan Pemprov Jatim itu masih belum didirikan gerai vaksin di tempat. Namun, menurutnya penerapan aplikasi PeduliLindungi di terminal tersebut sudah berjalan dengan baik.

“Setelah kami cek, belum ada gerai vaksin. Akan kami sediakan gerai vaksin mobile untuk memudahkan pelayanan masyarakat dan penumpang yang belum divaksin,” terangnya.

Dikatakannya, petugas mengacu pada
Inmendagri No 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk menerapkan prosedur yang berlaku di terminal. Salah satunya, penumpang setidaknya sudah pernah divaksin sekali.

” Tidak ada syarat khusus untuk penumpanh namun setidaknya sudah divaksin sekali. Dan tadi kita cek, pengemudinya juga sudah divaksin,” ungkapnya.

Bagi penumpang yang kedapatan belum pernah divaksin, petugas bakal melakukan skrining kesehatan untuk dilakukan vaksinasi di tempat bagi penumpang tersebut. Itu tak lain guna mengantisipasi persebaran Covid-19 akibat mobiltas masyarakat selama libur panjang Nataru.

Mapolres Mojokerto setidaknya menerjunkan 350 personel untuk disiagakan selama libur panjang akhir tahun ini. Ratusan personel bakal disebar di sejumlah titik termasuk lima pos pengamanan (Pospam) dan satu pos pelayanan (Posyan). Yakni Pospam PPST Trowulan, Pospam Mojosari, Pospam Taman Pacet, Pospam Wonosari, Pospam Daplang Trawas, dan Posyan Simpang lima Kenanten.

Petugas juga bakal meningkatkan pengamanan dan pengawasan di tujuh sub terminal yang ada di wilayah hukum polres. Yakni Sub Terminal Mojosari, Brangkal, Trowulan, Gondang, Pohjejer, Pacet, dan Trawas.

“Semua kami atensi, kita tidak boleh underestimate karena pandemi ini belum berakhir. Terutama selama libur panjang Nataru ini, jangan sampai ada kerumunan-kerumuman yang memang itu tidak dianjurkan sehingga semua bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :