Antisipasi Omicron, Pemkot Mojokerto siapkan isolasi terpusat di Puskesmas.

Terdeteksinya kasus positif Covid-19 varian Omicron di Jawa Timur membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto mengambil langkah antisipasi. Mengigaat, Kota Mojokerto merupakan wilayah Gerbang Kartasusila.

Langkah antisipasi ini ditunjukkan dengan kembali di bukanya kembali tempat isolasi khusus. Yakni, dengan mengoptimalkan keberadaan ruang rawat inap di sejumlah Puskesmas di Kota Mojokerto.

Mengingat Kota Mojokerto merupakan wilayah Gerbang Kartasusila atau banyak warga Kota Mojokerto yang setiap hari hilir mudik dan melakukan aktivitas di Surabaya.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, sejauh ini ada dua puskemas dan satu rumah sakit yang sudah disiapkan untuk tempat isolasi terpusat (isoter), bila nantinya ditemukan warga terinfeksi virus Omicron.

“Kita maksimalkan puskesmas rawat inap itu kalau memang nanti dibutuhkan, tapi kita optimis kalau untuk warga Mojokerto bisa tertangani dengan baik. Karena belajar dari sebelumnya Kita Mojokerto ini pengendalian Covidnya baik,” ungkapnya

Sedangkan untuk Rusunawa Cinde yang sempat digunakan untuk isolasi Covid-19 tidak akan difungsikan terlebih dahulu, dan untuk sementara isoter untuk pasien Omicron berada di tiga faskes tersebut.

“Karena begini RS kita kan masih tersedia bet kemudian yang kedua puskemas-puskesmas. Tapi Isoter ada kita maksimalkan puskesmas dan RS dulu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kedundung dr Heti Nira menambahkan, telah menyiapkan sejumlah fasilitas guna menjadi tempat isolasi pasien Omicron. Yaitu, empat kamar rawat inap untuk 8 pasien, satu ruangan untuk transit pasien, dan 8 tenaga kesehatan yang merawat pasien Omicron.

“Kita siapkan juga ruang ganti bersih, ruang KKD. Untuk ruang rawat inap ada 10 bet yang bisa difungsikan nanti. 8 bet untuk perawatan 2 bet untuk transit pasien,” katanya.

Untuk diketahui, kasus pertama Omicron, varian virus Covid-19 ditemukan di Jawa Timur (Jatim). Seorang warga Surabaya berinisial TYC dinyatakan positif Omicron setelah berlibur ke salah satu tempat wisata di Indonesia selama 5 hari bersama suaminya yang berinisial SJJ menggunakan kendaraan pribadi.(fad/sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :