Hujan Deras, Sungai Di Mojokerto Meluap, Sempat Genangi Rumah Warga Hingga Hektaran Sawah.

Hujan lebat yang menguyur wilayah Mojokerto pada Minggu (09/02/2022) yang berlangsung sejak siang hingga sore hari membuat sejumlah sungai meluap. Bahkan air sampai masuk ke pemukiman warga dan mengenangi hektaran sawah.

Dari data yang di dapat dari Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto. Terdapat beberapa sungai yang meluap, diantaranaya aliran anak sungai Sadar yang ada di kawasan Kecamatan Mojoanyar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggungan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto mengatakan, imbas hujan deras yang terjadi pada Minggu kemarin mengakibatkan aliran anak sungai sadar meluap dan membanjiri perkampungan dan hektaran sawah.

Dari data petugas yang melakukan pemantauan di lokasi, terdapat empat Dusun di dua Kecamatan yang terimbas genangan luberan aliran anak sungai sadar.

Empat dusun tersebut yakni Dusun Ngengor, Babatan Desa Ngarjo, Kecamatan Mojoanyar. Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Mojoanyar, Dan Dusun Wunut, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokarto.

” Di empat dusun di dua kecamatan yang terdampak hanya di Dusun Ngarjo yang air luberan sempat mengenai rumah warga kisaran tujuh rumah dengan ketinggian ± 20 – 40 Cm ,” ungkapnya, Senin (11/01/2022).

Selebihnya, lanjut Joko air hanya mengenai jalan Desa dan hektaran tanaman padi milik warga yang rata rata masih berusia kisaran dua sampai satu bulan.

Menurut Joko luberan air sungai anak kali sadar itu terjadi setelah mendapatkan kiriman air dari sungai Kalikatir, yang ada di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

“Sungai kiriman dari Kalikatir Gondang ke sungai Sadar dan anak sungai sadar. Di tambah banyak sampah ranting kayu yang turut terbawah air hingga airnya meluber,” tegasnya

Menurut Joko, luberan air dari sungai Sadar berlangsung beberapa jam setelah Kabupaten Mojokarto terjadi hujan lebat. Dan air berangsur surut setelah kiriman air mulai redah dan juga dilakukannya pembersihan aliran sungai dengan mendatangkan alat berat dari Dinas PUPR.

“Alhamdulillah saat ini air sudah surut total,” tegasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :