Khawatir Serang Warga, Sarang Tawon di Mojoanyar Dievakuasi Petugas Damkar.

Petugas pemadam kebakaran malakukan evakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga di Dusun Grogol, Desa Gebang malang, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Danpos Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto Sukamto saat dikonfirmasi mengatakan, proses evakuasi sarang tawon yang berada di atas sebuah pohon mangga ini berjalan lumayan sulit.

Bahkan dirinya sempat disengat disaat proses evakuasi berlangsung, meski di saat evakuasi petugas menggunakan alat pelindung diri lengkap.

“Iya, tadi satu sengatan di perut sebelah kiri saya,” ucapnya, Jum’at (11/03/2022).

Dia menjelaskan, saat itu ia dan dua rekannya sedang melakukan evakuasi sarang tawon vespa affinis dengan diameter antara 30 sampai 40 sentimeter (CM) dari atas mobil Damkar dengan mengunakan sebuah karung goni yang difungsikan untuk memasukkan sarang tawon, tiba-tiba tawon tersebut menyerang dan menyegat bagian tubuhnya.

Usai berhasil, mengevakuasi sarang tawon, petugas kemudian melakukan pembasahan agar tawon tak kembali membuat sarang di pohon yang sama.

“Langsung kita amankan pakai karung, secara otomatis penghuninya berterbangan. Jadi langsung kami semprot dengan air, biar pergi dan tidak membuat sarang kembali,” ia memungkasi.

Sementara, pemilik pohon nangka Maksum, menambahkan sangat terbantukan dengan Tim Damkar yang membantu proses evakuasi sarang penuh penghuni itu. Lantaran, ia merasa resah dan khawatir takut tawon-tawon yang dikenal bisa mematikan ini menyerang warga sekitar.

“Saya langsung lapor, soalnya sudah besar sekali. Takut mengentup kami dan orang-orang. Alhamdulilah dibantu evakuasi ini,” tanasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :