Jadi Tersangka, Sopir Cadangan Kecelakaan Tol Mojokerto 4 kali Pakai Sabu.

Polisi menetapkan tersangka sopir cadangan Ade Firmansyah kecelakaan bus pariwisata yang menewaskan 15 korban jiwa di Ruas jalan tol Mojokerto KM 712. Berdasarkan hasil pemeriksaan, sopir telah menggunakan zat adiktif (sabu) Metamfetamina sebanyak empat kali.

Kini Ade Firmansyah, (29) warga asal Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya itu tengah diamankan di Mapolresta Mojokerto.

Kasat lantas Polresta Mojokerto AKP Heru Sudjoto Budi Santoso mengatakan, berdasarkan pengakuan, tujuh hari sebelum mengantar rombongan Group Piknik Wisata Dieng Ade Firmansyah, (29) terlebih dahulu mengkonsumsi sabu. Bahkan dari hasil pemeriksaan pelaku sudah empat kali mengkonsumsi barang haram tersebut.

“Pengakuannya (Ade) sudah empat kali konsumsi obat (sabu), dalam tiga bulan terakhir dan terakhir konsumsi, pengakuannya yah sebelum berangkat dengan warga yang berwisata di Benowo” ungkapnya, Jumat (20/05/2022).

Kini untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka tengah dilakukan penahanan di Mapolresta Mojokerto dan sedang menjalani perawatan pemulihan oleh pihak dokter.

“Sesuai aturan di tahan di sini. Tapi saat ini masih menjalani pemulihan perawatan atas luka-luka yang dideritanya di urkes Polresta Mojokerto,” ia memungkasi.

Sebelumnya, Ade Firmansyah ditetapkan tersangka oleh Subdit lantas Polda Jawa Timur, sopir tersebut terbukti melakukan unsur kesengajaan sehingga menyebabkan insiden kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa.

Ade Firmansyah adalah kernet yang menggantikan sopir utama, Ahmad Ari Ardiyanto (31) warga asal Gadeng Watu, Menganti, Gresik untuk mengemudikan bus nahas tersebut.

Setelah dijadikan tersangka tersangka akan dijerat pasal 310 dan 311 undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan dengan ancaman lebih dari 5 tahun penjara.

Sebelumnya, kecelakaan tunggal terjadi di Ruas A KM 712 Tol surabaya-Mojokerto, Senin (16/5/2022), sekira pukul 06.20 WIB. Akibat kejadian itu, sebanyak 14 orang tewas dalam kecelakaan maut itu. Sedangkan korban luka-luka mencapai 19 orang. Sementara dua orang sopir bus yakni Ahmad Adi Ardiyanto (31) warga Menganti, Kabupaten Gresik dan sopir cadangan Ade Firmansyah (29) warga Sememi, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya selamat.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :