Kado Hari Jadi Mojokerto Yang Ke-729. Dua Jalan Cor Dan Pembagunan Balai Desa Diresmikan.

Proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mojokarto terus dikebut, hari ini Senin (23/05/2022) Pemkab Mojokarto telah merampungkan dua jalan cor di dua Kecamatan dan pembangunan balai Desa di Kecamatan Jetis. Hal ini sebagai kado hari jadi Kabupaten Mojokerto yang ke 729.

Tiga proyek tersebut yakni pembangunan Balai Desa yang menelan anggaran sebesar 400 juta, dua jalan cor penghubung antar Desa Gumeng-Kemasan Tani Kecamatan Gondang kemudian Desa Temuireng-Gunungan di Kecamatan Dawarblandong. Tiga proyek tersebut merupakan proyek tahun 2021 yang baru diresmikan.

Persemaian dipimpin langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Balai Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto bersama Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra atau Gus Barra.

“Dari semua proyek 2021 ada tiga proyek yang kita resmikan hari ini, yang pertama ada pembangunan balai Desa Kupang, kemudian pelebaran jalan yang ada di Kecamatan Gondang dan Kecamatan Dawarblandong,” ungkapnya.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat Peresmian Jalan

Dia membeberkan, total semua proyek yang telah dikerjakan oleh dinas PUPR Kabupaten Mojokerto selama 2021 menelan anggaran sebesar 181 milyar, kemudian DPRKP2 410 juta.

“Itu bukan termasuk proyek fisik di dinas pendidikan dan dana hibah pembangunan infrastruktur keagamaan dan BK desa 76 Milyar. Kemudian 16 milyar dan 42 M semua terbagi di beberapa perangkat daerah. Namun yang paling dominan adalah 181 Milyar yang difungsikan sebagai pembangun infrastruktur jalan,” bebernya.

Sementara pada tahun 2022 ini, lanjut Ikfina pemerintah daerah telah menganggarkan dana sebesar 178 milyar untuk pembangunan jalan, jembatan dan melanjutkan sejumlah proyek di akhir 2021.

“Untuk tahun ini anggaran turun 10 dari 181 menjadi 178,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sampai saat ini pekerja rumah dalam pembagunan infrastruktur jalan di Kabupaten Mojokerto telah mencapai 88 persen atau kurang 12 persen yang belum terbangun.

“Di tahun 2022 jalan di Kabupaten ini tinggal 12 persen yang belum terbangun. Ada sekitar 1,042 kilo meter jalan di Kabupaten Mojokerto yang belum terbenahi,” terangnya.(fad/ADV)