Dongkrak Kualitas Pendidikan, Bupati Mojokerto Angkat 204 Guru Jadi P3K

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati kembali mengangkat status ratusan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Ia meminta 204 guru yang hari ini diangkat menjadi P3K selalu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan agar mampu berinovasi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi generasi penerus bangsa.

Petikan surat keputusan (SK) pengangkatan 204 guru menjadi P3K diserahkan langsung Ikfina di halaman kantor Bupati Mojokerto pagi tadi. Para guru yang sebelumnya berstatus honorer itu diangkat menjadi P3K dengan gaji yang lebih layak setelah lulus dari seleksi tahun lalu. Tahapan seleksi hingga pengangkatan tanpa dipungut biaya apapun.

Ikfina mengatakan pengangkatan para guru menjadi P3K merupakan program prioritas pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Mojokerto. Menurutnya, peran para guru sangat vital untuk mencetak generasi penerus bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk itu, para guru P3K yang menjadi bagian dari aparatur sipil negara (ASN) dituntut mampu beradaptasi dengan cepat dengan perkembangan teknologi di era transformasi digital. Para guru juga dituntut terus belajar mengembangkan kompetensi agar menjadi ASN yang profesional, berintegritas dan mempunyai semangat pengabdian yang tinggi.

“Guru harus mampu menjadi inovator dan memiliki semangat belajar yang tinggi untuk menambah pengetahuan dan keterampilannya. Sehingga mampu menghasilkan inovasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah,” jelasnya kepada wartawan di lokasi, Rabu (25/5/2022).

Bupati perempuan pertama di Mojokerto ini menjelaskan para guru juga harus mempunyai keterampilan mendidik, membimbing, mengajar dan melatih sekaligus. Ia berpesan paga guru yang sudah berstatus P3K mampu mencapai kinerja terbaik sesuai target yang ditetapkan, serta menjalankan tugas dengan penuh disiplin dan tanggungjawab.

“ASN harus mendukung terwujudnya birokrasi yang bersih dan melayani. ASN juga memiliki kewajiban menerapkan nilai dasar Berakhlak yang merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,” tandas Ikfina.

Pengangkatan 204 guru honorer menjadi P3K hari ini merupakan tahap kedua. Pada tahap pertama, Ikfina mengangkat 504 guru menjadi P3K pada 24 Maret 2022. Tahapan seleksi sampai penyerahan SK kala itu juga tanpa pungutan biaya apapun.(tim/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :