Edukasi Pengelolaan Keuangan Negara, KPPN Mojokerto Gelar Treasury Goes To School

Kementerian Keuangan sebagai Pengelola Keuangan dan Kekayaan Negara terus berupaya untuk meningkatkan komunikasi dan edukasi Pengelolaan Keuangan Negara kepada generasi muda dalam bentuk program edukasi yang terorkestrasi pada lingkup Kemenkeu Satu.

Sebagai langkah awal, setiap Unit Eselon I baik pusat maupun daerah, Special Mission Vehicle (SMV), dan Badan Layanan Umum (BLU) lingkup Kemenkeu mempunyai tugas untuk menyampaikan pelaksanaan program edukasi dan literasi Keuangan Negara yang menyasar generasi muda (perguruan tinggi, sekolah, organisasi muda) pada tahun 2022.

KPPN Mojokerto, sebagai salah satu unit instansi vertikal di daerah di bawah naungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang dipimpin oleh Drs. Achmad Djunaedi telah melaksanakan program Treasury Goes To School yang digelar bersama SMAN 1 Puri Mojokerto di Jalan Jayanegara Nomor 2 Mojokerto pada hari Kamis 16 Juni 2022 yang dipandu oleh MC, Anton Suhardi.

Dalam kegiatan Treasury Goes To School ini dihadiri oleh rombongan dari KPPN Mojokerto, Kepala Sekolah dan segenap perwakilan Bapak/Ibu guru, serta seluruh siswa/siswi kelas X dan XI SMAN 1 Puri Mojokerto.

Kepala Sekolah SMAN 1 Puri, Herni Sudar Peristiwatin, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPPN Mojokerto yang telah bersedia dan menyempatkan waktu berkunjung ke SMAN 1 Puri untuk memberikan edukasi dan literasi keuangan negara kepada sekitar 800 orang siswa/siswi.

Selanjutnya, Kepala KPPN Mojokerto, Drs. Achmad Djunaedi memberikan paparan materi seputar pengelolaan keuangan negara dengan tema “ HALO APBN, mewujudkan generasi Z sadar APBN ”.

Dalam materi tersebut antara lain menjelaskan tentang tugas dan fungsi KPPN, postur APBN 2022, dana APBN yang dikelola oleh KPPN Mojokerto, komitmen penerapan good governance dan budaya anti korupsi, serta segenap prestasi yang telah diraih oleh KPPN Mojokerto dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, dalam kegiatan Treasury Goes To School ini juga diisi dengan pemberian informasi singkat tentang Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, suatu lembaga pendidikan di bawah Kementerian Keuangan, yang disampaikan beberapa pegawai KPPN Mojokerto lulusan atau alumni STAN, yakni kakak Anton, kakak Indhi, dan kakak Bayu.

Pada sesi ini, ternyata antusias siswa-siswi yang ingin mengetahui seputar STAN cukup banyak hingga banjir pertanyaan tentang segala hal yang menyangkut STAN, antara lain tentang trik ujian masuk STAN, penempatan lulusan STAN, biaya kuliah di STAN, dan sebagainya.

Untuk menghilangkan kejenuhan, selama paparan materi juga diselingi beberapa games dengan hadiah souvenir menarik dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Kepala KPPN Mojokerto pun mengapresiasi kegiatan TreasuryGoesToSchool dI SMAN 1 Puri yang berlangsung sukses dan sangat meriah. Semoga acara seperti ini dapat berlangsung setiap tahun dan semakin membuktikan bahwa KPPN Mojokerto dapat mengedukasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan keuangan negara khususnya di wilayah Mojokerto dan sekitarnya.

KPPN Mojokerto.

(Advetorial)