Dibuka Bupati, 16 Tim Sepak Bola Pesantren di Mojokerto Ikut Liga Santri.

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto saat pembukaan Liga Santri

Gelaran Liga Santri Piala KSAD di Kabupaten Mojokerto secara resmi dimulai hari ini Senin (20/6/2022). Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, membuka liga sepakbola antar Pondok Pesantren yang ada di Kot/Kabupaten Mojokerto di Stadion Gor Gajah Mada, Kecamatan Mojosari.

Serangkaian seremonial pembukaaan liga santri digelar dalam memeriahkan gelaran tersebut. Tak sendiri, pembukaan pagelaran liga Santri ini juga turut dihadiri para petinggi Pemkab Mojokerto lainnya, seperti Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Teguh Gunarko, serta Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto dan juga Dandim 0815/Mojokerto Let. Inf Beni Asman.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati kali ini membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurrachman dalam rangka pembukaan Piala Kasad Liga Santri PSSI tahun 2022. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bekerja keras dalam melaksanakan Piala Kasad Liga Santri PSSI tahun 2022 ini. Olahraga sepak bola merupakan kegiatan yang sangat diminati dan digemari seluruh lapisan masyarakat. “Sehingga tidak ada jenis olahraga lain yang mendapatkan sambutan paling meriah dari masyarakat di berbagai negara selain sepak bola,” tuturnya.

Pihaknya juga menyampaikan, menaruh perhatian terhadap sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga (Cabor) yang diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Secara khusus kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di 34 provinsi. “Pertandingan Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 ini akan diawali dengan pertandingan di tingkat kabupaten dan kota dari tanggal 20 Juni hingga 30 Juli 2022,” ungkapnya.

Usai pelaksanaan pertandingan di tingkat kabupaten dan kota, laga akan berlanjut di tingkat provinsi yang akan dimulai pada 7 Agustus hingga 23 September 2022. Selanjutnya berlanjut di tingkat nasional. “Pertandingan tingkat nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari provinsi akan dilaksanakan mulai 25 September hingga 22 Oktober 2022,” bebernya.

Melalui kompetisi ini, diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan. Terlebih, dalam laga ini pihaknya meminta, agar para peserta Liga Santri menjunjung tinggi sportifitas dengan mengedepankan rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan guna meningkatkan solidaritas.

Sementara itu, Dandim 0815/Mojokerto Let. Inf Beni Asman mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sore hari ini, tak lain merupakan rangkaian Santri PSSI Piala Kasad Tahun 2022 secara serentak di seluruh Indonesia untuk memperebutkan piala Kasad. “Ini merupakan sebuah kegiatan yang kita lakukan serentak di Indonesia. Baik di provinsi, kota, maupun kabupaten yang diprakarsai oleh Kasat dan dipusatkan di Kabupaten Jombang. Di sana dihadiri Kasad, Menpora, dan Gubernur Jatim,” ujarnya

Dia membuat dalam liga Santri di Mojokerto ini diikuti sebanyak 16 tim baik dari Kabupaten maupun Kota Mojokerto yang ikut dalam kompetisi kali ini. Ke depan, akan ada pelaksanaan tingkat provinsi di bulan Agustus 2022 nanti. Setelah kompetisi antar Kabupaten/Kota dilalui.

Bahkan, Beni, menambahkan, setelah pelaksanaan tingkat provinsi selesai dilakukan. Maka dari setiap tim-tim juara perwakilan tersebut akan kembali bertanding di tingkat Nasional di DKI Jakarta. “Yah, setelah dilaksanakan kabupaten/kota, ini nanti akan dilaksanakan di bulan Agustus tingkat provinsi. Baru akan ada di tingkat nasional di Gelora Bung Karno. Selamat bertanding untuk semua tim,” tegasnya.

Untuk diketahui, Piala Kasad Liga Satri PSSI Piala Kasad tahun 2022 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto diikuti 16 tim sepak bola yang dibagi menjadi lima grup, yakni grup A, grup B, grup C, grup D dan grup E.

Yang masuk dalam grup A, yakni kesebelasan PS. As-Salam Bangsal, Emqyu FC Gondang, PS Ronas Kemlagi dan El Kisi Club Pungging. Sementara yang tergabung di grup B, yakni tim dari Al Muhajirin United Pungging, PS Darul Hikam 1 Puri dan PS Darul Ma’arif Bangsal.

Yang tergabung dalam grup C, yakni tim dari SM FC Pungging, Persaf Pacet dan PS Riyadlul Jannah Sooko. Sementara di grup D, yakni PS Amanatul Ummah Pacet, Uluwiyah FC Mojosari dan PS Al Hidayah Kutorejo. Di grup E, yakni Nurif FC Pungging, PS Darut Taqwa Mojosari serta PPTA FC Jatirejo.(tim/ADV)

Baca juga :