Gelar Wayang Kulit, Pemkot Mojokerto Bakal Hadirkan Sujiwo Tejo

Semarak Hari Jadi ke-104 Kota Mojokerto, pemkot juga akan menggelar seni pertunjukan wayang kulit pada Selasa malam, 28 Juni 2022 di lapangan Raden Wijaya, Jalan Raya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Pergelaran tersebut akan dimeriahkan oleh sejumlah seniman ternama.

“Akan ada Sujiwo Tejo. Kemudian dalang Ki Cahyo Kuntadi, sinden asal Hongaria Agnes Serfozo, dan lawak dari Jo Klithik dan Jo Kluthuk,” ungkap Modjari, kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Modjari, selaku ketua pelaksana wayang kulit saat diwawancara langsung, Kamis (23/6).

Sehingga, selain pertunjukan wayang itu sendiri, kesenian lain juga akan ditampilkan yang tentu akan semakin menarik animo masyarakat. Sementara itu, dalang asal Surakarta tersebut akan mengangkat cerita “Lakon Srikandhi Kridho”. Dimana kisah tersebut menggambarkan peran Wanita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gelaran seni tradisioanal tersebut diprediksi akan dipadati masyarakat. Sehingga, Kasatpol PP mengungkapkan jika strategi pengamanan acara menjadi salah satu bahasan yang tidak dilewatkan oleh pihaknya. Hal itu demi memberikan kenyamanan bagi masyarakan yang ingin menikmati acara malam itu.

Namun, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan tertib. “Kita tidak bisa menyangkal, di keramaian nanti akan sangat mungkin ada pihak-pihak yang justru menyalah gunakan kesempatan. Jadi saya harap masyarakat bisa mawas diri, jangan lupa kunci kendaraan dan dimana lokasi parkirnya,” tutur Modjari.

Lebih lanjut, pertunjukan seni tradisional kali ini dipilih, selain sebagai media hiburan bagi masyarakat, ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk nguri-nguri budaya lokal serta mengenalkan kepada generasi muda agar tidak lupa dengan akan akar budayanya. (fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :