Ketahuan Pemilik, Maling di Mojokerto Babak Belur Dihakimi Massa.

Aksi kawanan maling, kian hari kian nekat meski nyawa mereka menjadi taruhannya. Seperti yang terjadi di Dusun Jetak, Desa Jasem, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Salah seorang dari komplotan maling yang beraksi berhasil ditangkap. Pelakupun jadi bulan-bulanan warga hingga dilarikan ke rumah sakit setelah ditangani kepolisian.

Aksi pencurin ini terjadi pada Jumat (08/07/2022) kemarin, pelaku nekat menyatroni sebuah rumah milik Dwi Cahyo, (33) sekitar pukul 16.30 sore. Belum berhasil membawa barang hasil curian, pelaku yang berjumlah dua orang ini ketahuan oleh pemilik rumah.

Satu pelaku berhasil kabur sementara satu pelaku lain atas nama Dodik Prasetyo, 44, warga Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo ini berhasil diamankan dan menjadi bulan-bulanan massa.

Tertangkapnya pelaku bermula ketika korban dan sang istri baru saja pulang kerja.

Namun siapa sangka, saat sampai dirumah dirinya dikagetkan dengan pencuri yang tengah beraksi.

“Baru pulang, tapi lewat belakang. Jadi pintu depan masih terkunci. Waktu itu, istri saya suruh mandi dulu, saya masih di luar (samping rumah),” terang pemilik rumah Cahyo, Senin (11/07/2022).

Disaat istrinya akan mendi, dirinya dikagetkan dengan sesosok pria yang yang berada di dalam rumah yang tengah mengacak-ngacak barang di dalam lemari.

Mengetahui hal tersebut, dirinya langsung teriak dan meminta tolong, satu pelaku berhasil diamankan sementara satu pelaku lain berhasil melarikan diri.

“Malingnya dua orang. Yang eksekusi satu, satunya nunggu di luar (di atas motor). Yang satu ini (eksekutor) saya tangkap sendiri. Nggak apa-apa ketangkap satu, yang penting ada yang ketangkap,” ungkapnya.

Tertangkap pelaku, kemudian mengundang warga sekitar, lantara geram dengan aksi pelakuoun akhirnya menjadi sasaran amuk massa. Terlebih, warga mendapati ada sejumlah barang bukti yang berhasil digondol pelaku. Mulai dari uang hingga perhiasan emas.

“Yang dicuri perhiasan emas. Gelang sama cincin yang ada di dalam lemari kamar. Kalau kalung masih dipakai (istri),” urainya.

Disinyalir, sejumlah barang bukti lain di tangan pelaku merupakan hasil jarahan sebelum beraksi di rumah Cahyo.

Puas melampiaskan kekesalannya, warga lantas melaporkan kejadian itu ke perangkat desa setempat. Yang kemdudian diteruskan ke Polsek Ngoro untuk ditindak lanjuti.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Ngoro AKP Syaiful Hadi saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Saat ini pelaku tengah diamankan petugas, dia juga berujar, setelah diamankan polisi pelaku kemudian dilarikan ke RS Bhayangkara Pusdik Brimob Watukosek untuk mendapatkan perawatan.

Kini, pelaku dan sejumlah barang bukti diamankan di mapolsek untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

“Masih kami kembangkan. Kami masih mengejar satu pelaku lain yang kabur. Ketika ada perkembangannya, nanti kami informasikan lebih lanjut,” sebutnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :