Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hidup Hancur dan Sial

3. Malas
Dalam kitab Primbon Jawa, segala kehidupan harus melewati proses ikhtiar. Apabila kebiasaan malas terus dilakukan, maka dapat menghancurkan hidup kita sendiri. Sifat malas memang wajar, tapi sebaikanya jangan sampai dijadikan sebagai kebiasaan.

4. Sifat dengki dan iri hati
Menurut Primbon Jawa, kebiasaan iri hati, dengki, dapat menghancurkan hidup kita sendiri. Perasaan dengki dan iri hati kepada orang lain dapat menyiksa diri sendiri.

Apalagi jika kebiasaan ini sering dilakukan, maka akan dapat menghancurkan diri sendiri.

5. Sifat cemburu
Sifat cemburu apabila dibiasakan atau menjadi kebiasaan, akan dapat medatangkan sial. Memiliki sifat cemburu boleh-boleh saja, namun jika hal ini dijadikan kebiasaan.

Dalam Primbon Jawa, sudah tertulis jauhi sifat cemburu, sebaiknya jangan jadikan sifat cemburu sebagai kebiasaan. Sifat buruk ini sangat mempengaruhi pikiran, yang berujung menghancurkan hidup.

6. Menyalahkan diri sendiri
Boleh-boleh saja kita menyalahkan diri sendiri ketika melakukan kesalahan, tetapi kalau menjadi hal tersebut kebiasaan juga tidak baik.

Dalam Kitab Primbon Jawa, menyalahkan diri terus menerus atau penyesalan terus menerus juga dapat menghancurkan hidup kita sendiri.

7. Sifat sombong
Kesombongan yang ada dalam diri kita dapat menghancurkan kehidupan kita sendiri. Orang yang memiliki sifat sombong biasanya tidak sesuai dengan kenyataannya.

Makanya, jangan punya kebiasaan sombong, karena hal tersebut jelas tidak baik dan akan menghancurkan hidup sendiri.(tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :