Awas, Gangguan Ginjal Akut Pada Anak Merebak, Ini Gejalanya, Jangan Minum Obat Sirup

Kemenkes Instruksikan Apotek Setop Jual Obat Sirup

Sementara Dinas Kesehatan dan fasilitas layanan kesehatan juga diminta memberikan edukasi agar orangtua lebih waspada, utamanya jika memiliki anak dengan usia di bawah 6 tahun yang memiliki gejala gangguan ginjal.

Gejala yang perlu diwaspadai adalah penurunan volume atau frekuensi urine, atau tidak ada urine, dengan atau tanpa demam/gejala prodromal lain alias ada gejala yang muncul sebelumnya.

Jika ditemukan gejala tersebut, segera menuju ke klinik, rumah sakit, ataupun fasilitas kesehatan lain terdekat. Serta tidak konsumsi obat bebas sementara waktu.

Selain itu, untuk pencegahan, orangtua yang memiliki anak terutama usia balita untuk sementara tidak mengonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompeten sampai dilakukan pengumuman resmi dari pemerintah.

“Perawatan anak sakit yang menderita demam di rumah lebih mengedepankan tata laksana non farmakologis seperti mencukupi kebutuhan cairan, kompres air hangat, dan menggunakan pakaian tipis,” jelas instruksi.(tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :