Cegah Banjir, Wali Kota Mojokerto Cek Rumah Pompa

MOJOKERTO – Kota Mojokerto memang masuk dalam daftar daerah yang rawan banjir, karena secara topografi, kota ini berada di wilayah cekungan. Oleh karena itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memberi atensi serius terkait penanganan banjir.

Memasuki musim penghujan dan adanya peringatan dari BMKG terkait cuaca ekstrim, Ning Ita, sapaan akrab Walikota Mojokerto, mengecek rumah pompa air di Lingkungan Ngaglik, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Kata Ning Ita, Kota Mojokerto sudah membangun 20 rumah pompa, dan 10 diantaranya sudah menggunakan mode otomatis. “Pompa air yang ada di Kota Mojokerto keseluruhan ada 20 titik. Di setiap titik ada yang memakai operator dan juga ada yang sudah secara otomatis, bila debet air meningkat pompa nyala dengan sendirinya,” ungkap Ning Ita (sapaan akrab, red), Jumat (21/10/2022).

Ning itu juga menghimbau agar masyarakat ikut mengantisipasi terjadinya banjir dengan tidak membuang sampah di saluran air maupun sungai.

“Untuk mengantisipasi persoalan banjir, ini merupakan tanggung jawab semua lini. Tidak hanya pemerintah daerah saja, namun juga masyarakat harus sadar dengan pentingnya kebersihan terutama membuang sampah harus pada tempatnya,” katanya.

Selain itu, Ning Ita juga meminta masyarakat untuk terus waspada menjaga saluran air. Mulai dari saluran air primer seperti Kali Sadar dan juga saluran air yang tersier, yakni saluran air yang ada di semua lingkungan Kota Mojokerto.(tim/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :