Awas Hubungan Toxic atau Hubungan Beracun, Ini Kata Psikolog

Sebenarnya, apa sih ciri-ciri toxic relationship?

Melansir dari Healthline, tanda toxic relationship bisa tidak kentara atau sangat jelas.kuyup

1. Kurang dukungan
Dasar hubungan yang sehat adalah keinginan bersama untuk melihat pasangannya berhasil di semua bidang kehidupan. Jika pasangan kamu justru melihat setiap pencapaian sebagai kompetisi, artinya keadaannya sudah berubah menjadi toxic.

2. Komunikasi yang tidak baik
Tanda hubungan yang mulai toxic juga ditandai dengan percakapan yang hanya berisi sarkasme, kritik, dan perdebatan. Lama kelamaan, komunikasi seperti ini hanya akan berujung menjadi pertengkaran.

3. Cemburu berlebihan
Cemburu dengan pasangan sesekali mungkin wajar. Namun, jika rasa cemburu ini terus menerus terjadi tanpa alasan yang jelas, bahkan sampai mengganggu kehidupan dan hubunganmu dengan teman atau kerabat dekat, artinya kamu telah masuk ke dalam hubungan yang toxic.

4. Mengontrol perilaku
Apakah pasangan kamu sering menanyakan lokasi atau keadaan kamu sepanjang waktu? Hal ini mungkin wajar dilakukan oleh pasangan untuk memastikan kondisi kamu baik-baik saja. Namun, jika pasangan justru menjadi sangat kesal ketika kamu tidak segera menjawab pesan atau telepon, hati-hati ini adalah salah satu tanda awal toxic relationship.

5. Ketidakjujuran
Bila kamu sering membuat kebohongan tentang keberadaan kamu untuk menghindari pasangan, kamu mungkin sedang berada di fase yang sangat tidak nyaman dalam hubungan. Sikap ini biasanya dipicu oleh perilaku pasangan yang suka mengontrol sehingga kamu tidak punya ruang tersendiri.

6. Selalu gelisah
Ketegangan dalam hubungan yang terus menerus terjadi bisa membuat kamu gelisah setiap saat. Kondisi ini bisa menjadi indikator bahwa ada sesuatu yang salah.

7. Mengabaikan kebutuhan
Jika kamu selalu mengikuti apa pun yang ingin dilakukan pasangan, meskipun kamu tahu hal tersebut bertentangan dengan keinginan kamu bahkan sampai mengabaikan kebutuhan kamu, ini adalah tanda hubungan yang sudah masuk toxic relationship.

8. Berjarak dengan kerabat
Tanda toxic relationship lain yang sangat jelas adalah sikap posesif dari pasangan. Sikap posesif ini bisa membuat kamu berjarak dengan teman dan keluarga hanya untuk menghindari konflik dengan pasangan.

9. Kurang merawat diri
Toxic relationship juga bisa membuat kamu mengabaikan perawatan diri yang biasa kamu lakukan. Kamu mungkin tidak sampai sempat melakukan hobi, mengabaikan kesehatan, dan mengorbankan waktu luang hanya untuk pasangan.

10. Berharap pasangan berubah
Tak sedikit orang yang masih bertahan dalam hubungan yang sudang toxic, karena percaya bahwa bila mengubah diri sendiri dan tindakan juga bisa mengubah pasangan menjadi lebih baik. Pada akhirnya, cara ini hanya akan menyiksa atau menyakiti diri sendiri.

Kalau kamu sedang terjebak dalam toxic relationship, segera hubungi psikolog agar mendapat pencerahan dan solusi.(tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :