Peduli Sesama, Gerbang Wali Mojokerto Perbaiki Rumah Warga

Peduli Sesama, Gerbang Wali Mojokerto Perbaiki Rumah Warga

MOJOKERTO – Warga Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari kembali bergerak bersama untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi di sekitarnya. Pada Minggu (30/10) dalam Gerakan Bangkit Wates Peduli (Gerbang Wali) membantu memperbaiki rumah Bu Tutik, warga Jalan Panderman X.

Lurah Wates Amanullah Widi Prawiro Buwono menyampaikan bahwa rumah yang ditempati oleh Tutik memang kategori rumah tidak sehat. Namun karena bukan rumah miliknya atau hanya rumah sewa maka pemerintah tidak bisa membantu untuk perbaikannya.

“Kondisi rumahnya memang tidak sehat sehingga butuh tim dari Gerbang Wali untuk turun, dan Bu Tutik juga termasuk keluarga tidak tidak mampu,” jelas Widi.

Widi menjelaskan bahwa untuk rumah Tutik akan dilakukan beberapa perbaikan sehingga akan menjadi rumah yang sehat.

“Rumah Bu Tutik yang dinding rumahnya masih triplek akan diganti dengan kalsiboard. Untuk atap biasanya kalau hujan itu bocor nanti kita juga akan melakukan perbaikan dengan pemasangan talang sehingga hujan tidak menimbulkan masalah,” imbuhnya.

Masih kata Widi, selain memperbaiki dinding dan atap, tim Gerbang Wali juga akan memperbaiki jamban milik Tutik. “Jamban yang kemarin tidak bisa berfungsi akan kita perbaiki agar bisa berfungsi kembali dan tadi malam juga sudah dilakukan pengurasan,” terang Widi.

Lebih lanjut Widi menjelaskan bahwa sasaran dari Gerbang Wali adalah kaum dhuafa, dan ini sejalan dengan Baznas. Oleh karena itu Gerbang Wali juga bersinergi bersama Baznas Kota Mojokerto dalam menyelesaikan masalah.

“Bersama Baznas kami sudah difasilitasi menjadikan gerbang wali sebagai Unit Pengelola Zakat (UPZ). Dengan demikian Gerbang Wali lebih kuat lagi. Artinya didalam pengumpulan sedekah dari masyarakat dari donatur untuk kegiatan kemanusiaan ini. Dan harapannya sinergi bersama Baznas akan terus terjalin dan terjaga,” pungkasnya.

Sebagai informasi Gerbang Wali merupakan gerakan kolaborasi antara pegawai kelurahan bersama pengurus lembaga kemasyarakatan dan warga masyarakat untuk mengatasi permasalahan sosial. Khususnya masalah tempat tinggal yang kurang sehat dan kurang layak di Kelurahan Wates namun tidak dapat didanai menggunakan APBD Kota Mojokerto ataupun APBN. Sehingga seluruh elemen masyarakat akan bergotong-royong untuk pelaksanaan dan pendanaan Gerbang Wali(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :