Tingkatkan Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Workshop Plus Pers Tour di Yogyakarta

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengakui pentingnya peranan media dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto (Diskominfo) menggelar Workshop sekaligus pers tour di Yogyakarta pada Rabu dan Kamis (09-10/11/2022)

Workshop yang digelar di Horison Lynn Hotel, Jalan Jogokaryan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta ini, diikuti para wartawan yang bertugas di Kabupaten Mojokerto dengan tema Peran Media Sebagai Mitra Pemerintah Daerah. Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dan nara sumber seorang pakar media, yakni Direktur PT. Indonesia Indicator Gani Kartiwa Adiwisastra.

Dalam pemaparannya, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam rangka mendukung program pembangunan di daerah. Bupati berharap, dengan kegiatan ini, bisa terjalin hubungan kerja yang harmonis antara Pemkab dengan pers.

“Jadi semua dari niat baik maka prosesnya juga baik dan hasilnya juga baik. Jadi benar kalau orang itu berpikiran baik maka sikapnya dia akan positif maka dia akan melakukan sesuatu yang baik yang produktif yang positif perilakunya ikut baik,” ungkap Bupati Ikfina Fatmawati.

Ikfina juga mengatakan, pemberitaan yang positif tentang daerah akan memunculkan penilaian yang positif dari pemerintah pusat, yang berimbas juga pada dukungan program hingga pendanaan dari pusat. Dan program itu, tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati berharap, para insan pers di Mojokerto banyak meyebarkan imformasi yang positif kepada masyarakat terkait program-program pemerintah. Meski demikian, Ikfina juga menyatakan siap untuk menerima kritikan yang bersifat membangun.

Sementara nara sumber, Gani Kartiwa Adiwisastra, Direktur PT. Indonesia Indicator dalam pemaparannya banyak menunjukkan data-data terkait media lokal di Mojokerto hingga media nasional yang selama ini memberitakan Kabupaten Mojokerto. Termasuk data popularitas Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam 10 bulan terakhir yang meningkat drastis, masuk di posisi 6 atau 7 besar popularitas kepala daerah di Jawa Timur.

Selain itu, Gani juga memberikan ilmu terkait strategy pengembangan media di era sekarang yang harus lebih bisa membangun persepsi audiennya, juga harus bisa memberi manfaat. Selain itu, media juga harus mengetahui strategy penyebaran informasi, termasuk melalui media sosial.

Sementara terkait kejasama media dengan Pemkab Mojokerto, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto menjelaskan, sejauh ini regulasi terkait kerjasama media sudah diatur dalam peraturan bupati (perbup). Sehingga, kerjasama media dengan pemda menjadi lebih transparan dan akuntabel.

“Ditambah lagi, sistem pelaksanaan kerjasamanya juga didukung aplikasi sistem kerjasama media (Sijamed), sehingga kerjasama kita itu jadi enak,” tandasnya.(tim/say)

Baca juga :