Macam Macam Kopi dan Minuman Ini yang Bikin Umur Panjang

Tips Sehat

Banyak makanan dan minuman di luar sana yang terkait dengan manfaat kesehatan, seperti menurunkan peradangan atau meningkatkan kesehatan jantung, yang dapat meningkatkan umur panjang dan hidup sehat.

Richard Horowitz, dokter penyakit dalam bersertifikat dengan pengalaman lebih dari 30 tahun merawat lebih dari 13.000 pasien Lyme dan gangguan terkait virus tick-borne menjelaskan penelitian terbaru tentang umur panjang dan diet.

Banyak diet yang mendukung umur panjang, tetapi ketika berbicara tentang  minuman , dokter dan ahli nutrisi mengungkap beberapa pilihan minuman yang mungkin ingin dipilih.

1. Teh Hijau
Antioksidan dalam makanan dan minuman seperti teh dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit. Minuman ini menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan DNA yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis.
Teh hijau  dan senyawanya, termasuk epigallocatechin-3-gallate (EGCG), telah diteliti untuk efek perlindungannya terhadap kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker, menurut National Institutes of Health (NIH).

Eric Ascher, dokter pengobatan keluarga di Rumah Sakit Lenox Hill mengatakan, menyeruput teh hijau dapat mendukung umur panjang. “Teh hijau mengandung senya yang dikenal sebagai EGCG yang dikaitkan dengan penurunan peradangan dan pencegahan kanker berkat aktivitas antioksidannya,” katanya. 

“Saya suka minum teh herbal seperti teh kamomil, mint, hijau, hitam, dan kembang sepatu – teh mengandung antioksidan yang terkait dengan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan meningkatkan risiko kanker,” kata ahli gizi Patricia Kolesa.

2. Kopi
Minum  kopi  terlalu banyak memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, tetapi ada banyak manfaat kesehatan dari kopi, terutama untuk umur panjang. Secara khusus, kopi kaya akan polifenol, antioksidan, dan senyawa lain yang terkait dengan kesehatan otak dan jantung.

Minum kopi terbukti memiliki hubungan terbalik dengan semua penyebab kematian, menurut penelitian September 2022 di ‌European Society of Cardiology‌. Minum hingga 3 cangkir per hari dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurut sebuah studi pada Mei 2022 di ‌‌European Journal of Preventive Cardiology‌‌. Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, minum kopi dalam jumlah yang dikaitkan dengan kematian akibat komplikasi jantung yang lebih rendah.

Namun Ascher mengingatkan agar berhati-hati dengan perasa dan aditif kopi. “Hati-hati dengan tambahan gula, krim, dan rasa sirup jika minum kopi.”

3. Pemangkasan
Kesehatan usus adalah kunci dalam menjalani hidup sehat dan berumur panjang, menurut ulasan Desember 2020 di ‌Nutrients‌. Minuman ini membuat pencernaan lancar, kata ahli diet nabati Amy Gorin, dan juga dapat membantu mendukung umur panjang.

“Segelas jus prune memberi Anda dosis serat yang sehat. Serat sangat penting untuk umur panjang, karena membantu menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan konsistensi dan frekuensi buang air besar,” kata Gorin.

Serat juga mendukung umur yang lebih panjang dengan mengurangi kondisi risiko seperti penyakit jantung dan diabetes, menurut Mayo Clinic. Gorin merekomendasikan minum jus prune apa adanya atau menambahkannya ke smoothie.

4. Udara
Meskipun banyak ramuan yang luar biasa untuk penuaan dan umur panjang yang sehat, air putih tak bisa diabaikan.

“Air membantu membuang limbah dan racun dari tubuh melalui urin, buang air besar, dan keringat. Ini membantu hampir semua organ kita berfungsi dengan baik,” kata Ascher. “Jika tidak suka rasanya, bisa menambahkan rasa seperti jus lemon atau buah segar.”

5. Kaldu Tulang
Kaldu tulang yang semakin populer ini kaya akan elektrolit, protein, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan. Mengonsumsi cukup protein adalah salah satu cara penting untuk mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia, yang dapat membantu mencegah jatuh dan cedera, menurut Harvard Health Publishing.

Mikrobioma usus yang beragam dan sehat dikaitkan dengan penuaan dan umur panjang yang sehat. Kaldu tulang mengandung kolagen, glutamin, gelatin, dan glisin, yang semuanya dapat mendukung kesehatan dan penyembuhan usus. “Saya suka menambahkan kaldu tulang ke dalam resep sup atau menyesapnya sebelum tempat tidur,” kata ahli diet Julie Balsamo.

6. Jus Bit
Jus mengandung oksida nitrat yang tinggi, senyawa yang terkait dengan penurunan tekanan darah tinggi dan peningkatan sirkulasi, menurut Harvard Health Publishing. “Hanya bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan penuh dengan vitamin dan mineral yang menurunkan faktor risiko penyakit jantung,” kata Ascher.

Orang lanjut usia atau lansia yang berolahraga dan minum jus akar bit menunjukkan peningkatan kinerja tubuh dan lebih banyak aliran darah ke otak yang membuat otak terasa lebih muda, menurut sebuah studi September 2017 di ‌The Journal of Gerontology Biological Sciences and Medical Sciences‌. (tim/maja)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :