Go Sekolah Digital,Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Gelar Workshop Website Sekolah

DINAS Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto menggelar workshop Penggunaan dan Pemanfaatan Website Sekolah di Aula SMPN 2 Bangsal, Selasa (7/2) lalu. Acara yang digagas MKKS SMP Negeri Kabupaten Mojokerto ini dibuka Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto.

Workshop dihadiri seluruh kepala SMP Negeri dan operator sekolah. Hadir pula Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispendik Kabupaten Mojokerto Mujiati dan General Manager (GM) Jawa Pos Radar Mojokerto (JPRM) Abi Mukhlisin sebagai narasumber. Pada acara tersebut juga diberikan tali asih bagi kepala SMPN dan Pengawas ASN yang telah memasuki purnatugas.

Peserta workshop Penggunaan dan Pemanfaatan Website Sekolah di aula SMP Negeri 2 Bangsal, Selasa (7/2).
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto mengatakan, tujuan acara ini untuk memaksimalkan website dalam target menuju Sekolah Digital Kabupaten Mojokerto. Pesertanya operator sekolah yang dibimbing instruktur dari Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto. Dalam kegiatan ini terjadi interaksi dua arah antara peserta dan narasumber mengenai pengembangan dan kondisi yang kemudian menjadi usulan-usulan dalam pemanfaatan dan penggunaan website sekolah. ’’Harapan yang sangat besar dalam penggunaan dan pemanfaatan website yang menjadi salah satu langkah dalam menuju sekolah digital,’’ katanya.

Ardi Sepdianto melanjutkan, pengelolaan website yang baik menjadi salah satu hal yang penting dalam penerapan sekolah digital. Sehingga hal tersebut menjadi perhatian semua pihak sekolah yang telah menjadi tanggung jawab bersama. ’’Pentingnya website sekolah menjadi sarana penunjang pendidikan yang memang harus berjalan sesuai dengan kemajuan teknologi,’’ tambahnya.

Kabid Dikdas Mujiati menjelaskan, website sekolah adalah website yang khusus digunakan oleh instansi sekolah. Selain itu juga, dapat digunakan sebagai media bagi peserta didik untuk mencari informasi seputar sekolah dan juga menjadi salah satu sarana pendukung kegiatan belajar mengajar.

Website sekolah memiliki peran yang sangat krusial karena dapat menjadi acuan bagi peserta didik ataupun orang tua dalam menyaring kabar terbaru yang berhubungan dengan aktivitas belajar mengajar di sekolah. Website sekolah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang canggih dan berfungsi untuk memberikan akses informasi yang lebih detail terkait dengan profil pendidikan atau profil sekolah dan aktivitas di dalam sekolah.

’’Selain itu juga, tersedia berbagai software pendukung yaitu seperti penerimaan siswa baru secara online, pengumuman kelulusan online, e-learning, dan rapor online,’’ ujarnya. (EL/SMK)

Sumber : Radar Mojokerto

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :