Resmikan Sidorejo Surya Park, Bupati Mojokerto Harap Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan proyek infrastruktur ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis. Ia berharap RTH yang bernama wisata desa Sidorejo Surya Park dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto khususnya Desa Sidorejo.

Peresmian secara simbolis RTH Sidorejo Surya Park dengan luas pembangunan RTH kurang lebih 2 Ha dari seluruh total lahan 10 Ha ini, dilakukan dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ikfina tersebut, merupakan salah satu dari 4 proyek pembangunan infrastruktur RTH yang berasal dari bantuan keuangan (BK) Desa sebesar 5 miliar pada tahun 2022.

Selain itu, pada peresmian RTH di Desa Sidorejo, terdapat pula berbagai hiburan seperti bazar UMKM, berbagai macam multi produk, festival kuliner, pagelaran wayang kulit, karnaval budaya, live musik, waria show, senam aerobik, kontes pameran motor, hingga berbagai wahana bermain keluarga.

“Mudah-mudahan, ini menjadi tempat yang bisa memenuhi kebutuhan warga sebagai tempat hiburan rekreasi bersama keluarga dengan harga yang tidak terlalu tinggi tetapi benar-benar bisa memberikan kemanfaatan dalam hal rekreasi dan ekonomi, sehingga masyarakat bisa menikmati dan desa sejahtera,” ucap Ikfina, Sabtu (24/6) malam.

Bupati Ikfina juga mengungkapkan, bahwa pembangunan RTH yang berasal dari BK Desa tahun 2022 yang berada di 4 titik lokasi yakni Desa Siderojo Kecamatan Jetis, Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar, Desa Puri Kecamatan Puri, dan Desa Belahantengah Kecamatan Mojosari merupakan salah satu dari janji politik Bupati Ikfina saat mencalonkan diri sebagai Bupati Mojokerto.

Lebih lanjut, pada pelaksanaan pembangunan RTH  yang memiliki prinsip 70 persen areanya tidak boleh didirikan bangunan dan harus ditanami berbagai tumbuhan agar dapat memperkaya oksigen dan membantu penyerapan air ketika hujan, Bupati Ikfina juga menegaskan, harus ada wahana permainan rekreasi untuk anak dan keluarga serta terdapat pula panggung sebagai sarana untuk anak-anak berekspresi.

“Yang kedua adalah pusat UMKM, makanya kita lihat disini semuanya banyak yang melakukan kegiatan ekonomi berjualan dan memproduksi berbagai barang, makanan, serta juga ada jasa. Ini luar biasa,” bebernya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto menilai, RTH di Desa Sidorejo masih sangat membutuhkan penyempurnaan, maka Ia mengajak seluruh masyarakat Desa Sidorejo agar saling membantu dan saling mendukung agar RTH Desa Sidorejo menjadi salah satu destinasi tempat wisata di utara sungai Brantas.

Dan kedepannya, diharapkan RTH Sidorejo Surya Park bisa seperti RTH di Desa Ketapanrame yang dapat dikelola dan berkembang sangat baik, hingga mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik Indonesia yang sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Maka dalam pengelolaan itu butuh perjuangan dan juga butuh banyak yang diupayakan, karena untuk operasionalnya dan pemeliharaan untuk menyiram tanaman-tanaman yang nanti akan tumbuh besar dan hijau rumput yang tebal itu membutuhkan perawatan. Airnya saja butuh biaya belum lagi nanti butuh untuk membayar listrik dari lampu-lampu yang menghiasi tempat ini,” ujarnya.

Selain itu, agar RTH Sidorejo Surya Park dapat menjadi pembangkit ekonomi untuk warga Desa Sidorejo, Bupati Ikfina mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat ikut urun rembuk baik pikiran, tenaga, maupun biaya agar RTH ini dapat dikembangkan dengan baik.

“Saya berharap tempat ini akan menjadi tempat yang luar biasa. Serta tempat ini nanti menjadi salah satu ikon Kabupaten Mojokerto, sehingga harapannya tidak hanya warga Sidorejo saja tetapi orang-orang yang yang melihat tempat ini tertarik dan datang kesini. dan adanya pasar ini akan menjadi pusat ekonomi dan peningkatan kesejahteraan khususnya untuk warga Desa Sidorejo, makanya warga Sidorejo harus memanfaatkan kesempatan ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorejo Kukuh Santoso mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Ikfina yang dapat hadir dalam peresmian RTH di Desa Sidorejo.

“Kami atas nama pemerintah Desa dan atas nama warga desa Sidorejo mengucapkan terima kasih atas dibangunnya RTH yang berada di Desa Sidorejo. kami harap semua pihak yang hadir dan semua warga Kecamatan Jetis ataupun warga lainnya ikut merasa memiliki ini harapan kami, tentunya ini bukan hanya milik Desa Sidorejo saja tetapi milik Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Kukuh juga menegaskan, bahwa Pemerintah Desa Sidorejo juga siap untuk mengembangkan RTH dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Desa Sidorejo, maka Ia juga meminta bantuan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto dapat mengembangkan UMKM di Desa Sidorejo yang saat ini terdapat sedikitnya 213 UMKM yang telah memiliki nomor induk berusaha (NIB).

“Kedepan perlu ada pelatihan bagaima usaha mikro Desa Sidorejo bisa berjalan, maka kami mohon pak Iwan dapat berkontribusi baik secara pendampingan maupun material,” pungkasnya.

Diketahui pada peresmian RTH ini, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis NIB kepada UMKM Desa Sidorejo, dan juga menyerahkan santunan kepada anak yatim yang berada di Desa Sidorejo.

Bupati Ikfina juga berkesempatan untuk berkeliling melihat UMKM yang berada di RTH tersebut, yang turut didampingi kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Rinaldi Rizal, dan Forkopimca Jetis. (tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :