Berkualitas, Dubes RI untuk Nigeria Siap Pasarkan Produk IKM Kota Mojokerto ke Afrika

Mojokerto – Duta besar RI untuk Nigeria Usra Hendra Harahap berkunjung ke Kota Mojokerto untuk melihat secara langsung Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Mojokerto, seperti industry sepatu, batik dan berbagai produk makanan dan minuman.

Saat audiansi, Usra Hendra mengaku tertarik untuk memasarkan produk dari IKM Kota Mojokerto ke Afrika Barat. Pasalnya, selain memiliki kualitas bagus, produk asli buatan warga ‘bumi majapahit’ ini juga memiliki harga yang lebih murah.

“Nigeria dan negara Afrika barat lainnya banyak dibanjiri serbuan produk dari China dan India, tapi kualitasnya tidak bagus, mereka kurang suka. Ini jadi peluang emas untuk memasarkan produk kita kesana,” ujarnya ditemui usai audiensi dengan IKM Kota Mojokerto di ruang Sabha Mandala Madya, Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu (8/11/2023) .
Usra menyebut, produk Indonesia berpeluang besar diterima di market Afrika Barat. Sebab, Indonesia dan Afrika punya kedekatan emosional yang terbangun sejak tahun 1955 saat Konfrensi Asia Afrika (KAA).

“Intinya merasa senasib, jadi mereka lebih percaya dan menerima kita. Termasuk produk-produk yang kita bawa akan lebih diperhatikan ketimbang dari negara lain,” tegasnya.

Usra menambahkan, saat ini produk yang paling di incar pasar Afrika adalah produk tekstil. Karena mereka belum punya kemampuan untuk membuat bahan tekstil yang bagus.

“Kemarin saat trade ekspo, mereka inginkan batik tapi versi mereka dengan menggunakan motif etnik afrika. Ini tadi sudah saya tanyakan ke pengrajin batik Kota Mojokerto, katanya mereka sanggup untuk membuatkan itu,” ungkapnya.

Hasil dari Kota Mojokerto ini, lanjut Usra, nantinya akan dipromosikan ke Nigeria serta mencarikan partner dagangnya. Tak hanya itu, ia juga membawa pengusaha Nigeria dalam misi lawatannya. Agar lebih kongkrit menentukan produk-produk mana saja yang bisa diterima pasar Afrika.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengaku berterima kasih karena Dubes Nigeria bersedia membantu produk UMKM serta IKM menembus pasar international.

“Produk kita memang banyak yang sudah ekspor ke Benua Asia, Eropa dan Amerika. Tapi untuk yang benua Afrika baru kita jalin saat ini dengan Pak Dubes Nigeria. Semoga ini adalah awal baik bagi produk kita untuk menjelajah pasar Afrika,” pungkansya.

Sekedar informasi, kunjungan Dubes RI untuk Nigeria selain di isi dengan audiensi bersama pelaku UMKM dan IKM juga dilakukan cek dan tes produk. Diantaranya produk makanan minuman, alas kaki, batik dan kraft.(tim/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :