Festival Nasi Bakar Meriahkan Pekan Budaya Majapahit 2023

Festival Nasi Bakar menjadi salah satu penyemarak Pekan Budaya Majapahit 2023 yang digelar di Lapangan Surodinawan, Kota Mojokerto, Jumat (10/11/2023) sore.

Usai memberangkatkan rombongan kirab budaya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengunjungi stand festival dan menyapa para peserta yang sedang memasak nasi bakar.

“Ini salah satu warisan kuliner Majapahit, karena memanfaatkan rempah-rempah yang banyak tumbuh di Bumi Majapahit, kemudian dikemas dengan daun sehingga ini adalah khas kuliner tradisional yang masih lestari sampai dengan hari ini,” ungkap wali kota.

Sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut juga mengatakan Festival Nasi Bakar ini digelar dalam rangka menyemarakkan Pekan Budaya Majapahit 2023.

Festival Nasi Bakar ini diikuti 100 peserta dari berbagai unsur masyarakat, instansi, dan bahkan juga pemerintah,” terangnya.

Diharapkan, melalui Festival Nasi Bakar ini dapat melestarikan salah satu warisan kuliner tradisional yang hingga kini masih banyak diminati masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto Ani Wijaya menambahkan, nantinya ratusan nasi bakar yang telah dimasak oleh peserta akan dibagikan gratis kepada pengunjung festival.

“Setelah penjurian nanti akan kita bagikan secara gratis kepada pengunjung yang hadir pada Festival Nasi Bakar,” imbuhnya.

Sebagai Informasi, tahun ini untuk pertama kalinya Kota Mojokerto dijadikan sebagai lokasi Pekan Budaya Majapahit dalam rangka Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Pekan Budaya Majapahit 2023 ini digelar mulai tanggal 10 – 16 November dengan sejumlah rangkaian kegiatan, diantaranya pertunjukan ludruk Semar Mesem JTV; teatrikal panji; ludruk arek; wayang milenial; wayang beber; wayang krucil; bentengan Majapahit; festival nasi bakar; festival canting; kirab budaya; tari dolanan; kothekan lesung; tari tradisional; serta pengambilan dan kirab tujuh air suci. (gm/ram)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :