Arti Mimpi Menikah Menurut Islam, Benarkah Sebuah Pertanda ?

Mimpi sering disebut sebagai bunga tidur. Namun, hal ini merupakan gambaran dalam alam bawah sadar seseorang yang melibatkan emosi dan pikiran.

Biasanya seseorang akan bermimpi tentang pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan, hingga menjengkelkan.

Dan beberapa orang mempercayai bahwa mimpi adalah sebuah pertanda atau pesan bagi yang mengalaminya. Termasuk mimpi menikah.

Beberapa pemuka agama Islam menafsirkan mimpi menikah sebagai pertanda suatu peristiwa yang akan datang dalam hidup seseorang.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama, dijelaskan bahwa menafsirkan arti mimpi tidak selalu tentang ramalan yang mengarah kepada hal syirik. Pasalnya, Rasulullah SAW juga pernah mengalami langsung mimpi menikah dengan Sayyidah Aisyah RA.

Kemudian pada kehidupan nyata, Rasulullah benar-benar menikahi Sayyidah ‘Aisyah. Peristiwa tersebut diceritakan oleh Sayyidah ‘Aisyah radhiyallâhu ‘anhâ dan dituangkan dalam sebuah hadits, Rosulullah bersabda yang artinya ::

“Aku bermimpi melihatmu dua kali. Ketika itu ada seorang lelaki membawamu di balik kain sutera, lalu lelaki itu berkata kepadaku: ‘Inilah istrimu’. Ketika Aku membuka sutera itu, ternyata wanita itu dirimu. Lalu aku berkata: ‘Jika ini dari Allah, pastilah terlaksana’.” (HR. Al-Bukhari).

Lantas, apa saja arti mimpi menikah menurut Islam ?

Berikut 10 arti mimpi menikah menurut Islam sesuai dengan peristiwa dalam mimpi.

1. Arti Mimpi Menikahi Wanita yang Wajahnya Tampak Jelas

Dalam Kitab Fathul Bâri dijelaskan bahwa arti mimpi menikah itu bermacam-macam. Salah satunya apabila seorang laki-laki bermimpi menikah dengan wanita dalam mimpinya dan wajahnya terlihat jelas.

Mimpi tersebut mengandung makna bahwa orang yang mengalami akan menikah dengan wanita tersebut. Bisa jadi juga laki-laki yang sedang bermimpi itu akan menikahi seseorang yang mirip dengan wanita dalam mimpinya.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fathul Bâri, juz XII, halaman 400, yang artinya :

“Mimpi bertemu perempuan saat tidur memiliki beberapa arti. Di antaranya orang yang bermimpi akan menikahi perempuan tersebut atau wanita yang serupa dengannya. Ada juga yang menafsiri kalau orang yang bermimpi akan mendapatkan harta dunia, kenaikan pangkat, atau keluasan rejeki.

Arti ini adalah arti dasar menurut para ulama penafsir mimpi. Mimpi perempuan serta atribut yang dikenakannya juga menunjukkan arti adanya fitnah yang akan mengenai orang yang bermimpi. Pakaian sutera menunjukkan arti orang yang bermimpi akan segera menikah, akan merasa nyaman, akan kaya atau akan bertambah berat badannya.”

2. Arti Mimpi Menikahi Wanita yang Wajahnya Tidak Jelas

Saat bermimpi kita kerap kali tidak bisa melihat dengan jelas wajah seseorang yang hadir dalam mimpi. Begitu pula ketika seseorang bermimpi menikah, khususnya bagi mempelai pria.

Wajah mempelai wanita yang nampak tidak begitu jelas sejatinya merupakan petunjuk untuk orang yang bermimpi. Arti mimpi itu yakni ajal seseorang yang memimpikan itu semakin dekat.

Berita Lanjutan : Ini Arti Mimpi Menikah Pelacur hingga Menikahi orang yang Sudah Meninggal….

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :