Galang Jiwa Sosial Melalui Zakat, SMPN 7 Mojokerto Galakkan Tutor Sebaya

Mojokerto – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dengan berbagai kebaikan yang ada di dalamnya. Pada bulan yang suci ini SMPN 7 Mojokerto menggelar Pesantren Ramadan dan Pesantren Rohani.

Pesantren Ramadan dilaksanakan selama 9 hari secara bergiliran dengan waktu pelaksanaan 3 hari untuk setiap jenjang, dengan diawali kelas 7 dilaksanakan pada 20-22 Maret 2024. Kemudian kelas 8 pada 25-27 Maret 2024 dan kelas 9 pada 1-3 April 2024.

Ada berbagai hal menarik dalam kegiatan Pesantren Ramadan di SMPN 7 Mojokerto. Diantaranya proses pembayaran zakat dengan menggalakkan Zakat Tutor Sebaya.

Evi Poespito Hany, Kepala SMPN 7 Kota Mojokerto mengatakan, dalam proses pembayaran zakat ini, semua pengurus OSIS dilibatkan dengan dibekali ilmu tentang yakat oleh guru PAI SMPN 7 Mojokerto.

“Jadi, mereka dibekali pengetahuan teknis pembayaran zakat. Mulai dari proses bagaimana tata cara niat, memastikan beras itu mencapai berat sesuai syarat zakat, hingga siapa saja yang berhak menerima zakat serta bagaimana distribusi zakat sesuai syariat agama Islam,” jelasnya

Evi juga mengatakan, Pembayaran zakat fitrah berupa beras sebesar 2,7kg yang dibayarkan di pos zakat yang terletak di musholla sekolah. “Kita berharap, kegiatan Zakat dengan konsep Tutor Sebaya ini bisa menjadi pemantik jiwa sosial antar sesama teman di sekolah yang berimbas dalam rasa empati dan simati pada setiap individu murid smpn 7 mojokerto,” tambahnya.

Selain itu, Konsep Totor Sebaya ini juga diharapkan bisa menumbuhkan pengetahuan murid terkait zakat melalui murid untuk murid, sehinga pengetahuan terkait zakat akan bertambah melalui diskusi dan obrolan sederhana antar teman sebaya.

(Tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :