Lestarikan Budaya dan Kesenian, Dinas P dan K Kota Mojokerto Gelar Lomba Patrol

Pj Walikota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro saat Membuka Lomba Patrol

MOJOKERTO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto menggelar Lomba Patrol Ramadhan 2024 dengan melibatkan ratusan siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, serta Karang Taruna se-Kota Mojokerto.

Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rubby Hartoyo mengatakan, lomba musik patrol ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan kesenaian yang selama ini sudah menjadi tradisi di masyarakat.

“Kami berharap agenda lomba musik patrol tradisional ini dapat dimasukkan ke dalam agenda rutin tahunan dengan penampilan yang lebih unik lagi dan mempesona sehingga mampu menarik wisatawan datang ke Kota Mojokerto,”ungkapnya pada Jum’at (29/3/2024) malam.

Sementara Pj Walikota, Moh Ali Kuncoro menyampaikan bahwa seni musik patrol telah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, untuk itu musik patrol sangat penting untuk terus dilestarikan. Kesenian patrol ini juga mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan alat musik lain karena alat musik utamanya hanyalah berupa kentongan yang terbuat dari kayu atau bambu.

Mas Pj panggilan akrabnya Ali Kuncoro sangat mengapresiasi para peserta yang telah semangat mengikuti lomba patrol ini. Demikian juga kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut sehingga acara dapat berlangsung dengan meriah.

“Musik patrol ini salah satu kesenian tradisional yang alunannya mampu menciptakan harmonisasi indah yang memiliki daya tarik khusus, yang bisa mempersatukan masyarakat,” tandasnya.(tim/sma)