Belajar Finansial dari Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara 2024, Cara Mengubah Rp1000 Menjadi Rp1.000.000

KKN Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Mojokerto – Senin (5/8/2024), Kader PKK Desa Domas berhasil meriahkan kegiatan sosialisasi keuangan yang diselenggarakan oleh Kelompok 5 Desa Domas dari KKN Tematik Bela Negara 2024 UPN “Veteran” Jawa Timur. Acara ini merupakan bagian dari program kerja yang dirancang oleh kelompok KKN dengan tujuan meningkatkan literasi pengelolaan keuangan keluarga, di mana ibu rumah tangga sering kali memegang peranan utama.

Program ini juga didasari oleh data dari Kemendesa yang menunjukkan angka 46,99 pada bidang desa tanpa kesenjangan di Desa Domas. Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu mengurangi kesenjangan finansial di desa tersebut.

Acara berlangsung meriah di Balai Desa Domas, dihadiri oleh Kepala Desa Domas beserta perangkat desa, kader PKK Desa Domas, dosen pendamping KKN, serta 30 mahasiswa KKN yang berpartisipasi aktif. Tri Wulandari, Ketua Kader PKK Desa Domas, mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Domas.

Foto Bersama Kader PKK Desa Domas

Pada kegiatan sosialisasi keuangan yang digelar di Desa Domas, Stephanie Melizcha selaku pemateri utama menyampaikan pentingnya menyisihkan uang mulai dari Rp1.000 per hari. Menurutnya, menabung secara rutin ini bisa mencapai Rp1.000.000 dalam jangka panjang, dibandingkan dengan berhutang yang hanya akan menambah bunga dan pengeluaran di masa depan. Stephanie juga menekankan pentingnya memiliki dana darurat untuk kebutuhan tak terduga di masa depan.

Pada kesempatan yang sama, Rosita Farhat sebagai pemateri kedua, menjelaskan teknik pengelolaan uang agar bisa menyisihkan uang dengan baik. Ia memaparkan tiga metode yang bisa digunakan: sistem amplop yaitu menggunakan amplop untuk menyimpan sementara uang sesuai dengan daftar kebutuhan yang telah direncanakan, sistem buku kas yaitu mencatat pendapatan dan pengeluaran secara teratur, dan sistem kas keluarga yaitu mencatat pengeluaran uang yang digunakan oleh anggota keluarga.

Kader PKK Desa Domas dengan antusias mengikuti kegiatan sosialisasi keuangan yang diselenggarakan oleh Kelompok 5 Desa Domas dari KKN Tematik Bela Negara 2024 UPN “Veteran” Jawa Timur.

Dalam pemaparan materi, peserta merasa bersemangat karena informasi yang diberikan sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Antusiasme peserta semakin meningkat dengan adanya pembagian doorprize kehadiran, yang menambah semangat kader PKK.

Kegiatan ini tidak hanya menutup sosialisasi keuangan dengan meriah tetapi juga menandai berakhirnya program kerja kelompok KKN tersebut. Harapan kedepannya dari kegiatan ini adalah dapat membantu dan diterapkan ilmu yang disampaikan dari kegiatan tersebut agar kondisi keuangan keluarga menjadi sehat sekaligus meningkatkan skor SDgs di Desa Domas, Trwoulan, Mojomkerto.(tim)

Penulis : Hikma Nurma Indah