Asri dan Hijau, Inilah Satu Kawasan Pemondokan CJH Mojokerto di Mekkah

Kalau biasanya wilayah Arab Saudi memiliki panas yang cukup ekstrem, disana jemaah ternyata masih bisa merasakan keasrian dan kenyamanan karena adanya “Ruang Hijau” pertamanan yang luas.

Informasi langsung dari H. Basuni, wartawan Radar Mojokerto yang berada di Arab Saudi menyebutkan, pemondokan haji diwilayah Mahbas Jin menjadi tempat utama yang paling diincar oleh jemaah haji asal Indonesia, khususnya dari Embarkasi Surabaya meliputi Jatim, NTT, dan Bali . Karena sejak 2019 ini menjadi zona bagi tiga propinsi tersebut.

Kata Basuni, meski letaknya lumayan jauh dan berada di ring 2, jemaah haji tertarik dengan tempat ini karena fasilitas dan kemudahan yang bisa didapatkan disana. Antara lain memberikan layanan transportasi gratis untuk pemondokan yang berada di wilayah ring 2 atau jauh dari Masjid Al-Haram, seperti pemondokan di wilayah Mahbas Jin.

Para jemaah haji yang tinggal di pemondokan Mahbas Jin bisa mendapatkan fasilitas shuttle bus gratis tanpa batasan waktu alias 24 jam.

Selain fasilitas, kata Basuni, jemaah haji yang tinggal di pemondokan sekitar kawasan itu dapat mengakses kebutuhan sehari-hari dengan mudah. “ Karena kawasan ini berada di tengah kota yang dilengkapi dengan banyak pertokoan dan pusat perbelanjaan”, ujarnya.

Baca Juga :  566 CJH Asal Mojokerto Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

Para jemaah juga bisa mengunjungi banyak masjid yang ada disekitar perpustakaan, serta tempat Syeikh Ibnu Baaz yang populer di Arab Saudi. Semuanya bisa didapatkan di tempat ini.

“Selain itu, kawasan Mahbas Jin juga dikenal memiliki cuaca yang agak bersahabat ketimbang wilayah lainnya di Tanah Suci”, jelasnya.

Wilayah Mahbas Jin itu juga tak memiliki tekstur yang berbukit dan menggunung seperti di wilayah lain, sehingga memudahkan mobilitas para jemaah.  “ Kalau musim haji seperti terasa di indonesia karena banyak yang telah menjual kebutuhan-kebutuhan pokok,” pungkasnya. (sma/adm)

Baca juga :