Bendera Merah Putih 740 Meter Dibentangkan di Mojokerto Sambut HUT RI ke-74

Bendera merah putih sepanjang 740 meter dibentangkan disepanjang jalan Kota Mojokerto, dalam menyambut HUT RI ke-74.

Kegiatan bertema ‘Prasetya Merah Putih’ yang diinisiasi oleh Polres Mojokerto Kota digelar Sabtu (10/08/19). Start depan Pemkot Mojokerto menuju Taman Brantas Indah (TBI), Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, hampir setiap elemen masyarakat terlibat dalam kegiatan ini. Mereka berjalan dari depan Pemkot Mojokerto menuju ke TBI dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 740 meter. Dilokasi finish, bendera merah putih yang dibawa ratusan pelajar, masyarakat dan anggota TNI/Polri dibentang membentuk tulisan angka 74. Yakni angka HUT RI.

Selain membentangkan bendera sepanjang 740 meter, juga dilakukan ritual Larung dipinggir Sungai Brantas. Beberapa ekor itik dan sesaji dilarung Walikota dan Kapolres Mojokerto.

Larung sendiri diartikan sebagai bentuk sedekah alam yang dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa, karena melimpahkan rejeki terutama dalam bentuk hasil bumi bagi masyarakat.

Ning Ita, Walikota Mojokerto mengatakan, pembentangan bendera sepanjang 740 meter yang inisiasi oleh Polres Mojokerto Kota merupakan kegiatan yang sangat luar biasa. Selain membangun semangat kemerdekaan, acara ini sebagai bentuk sinergi dari seluruh elemen masyarakat yang bisa menjadi contoh bagi semuanya.

“Ini adalah wujud Bhineka Tunggal Ika di Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto atau Mojokerto Raya yang patuh di contoh bagi semuanya,” katanya.

Menurutnya, untuk menuju kemajuan didaerah maupun di sebuah negara, kunci utamanya adalah sinergi. Selain itu juga kerukunan, gotong royong dan kebersamaan.

Sementara itu, AKBP Sigit Dany Setiono, Kapolres Mojokerto Kota juga mengatakan, kegiatan ini sebagai tradisi untuk menghadapi perayaan HUT RI. “Yakni dengan kegiatan pembentangan bendera merah putih terpanjang yakni 740 meter,” ujarnya.

Menurut Kapolresta, di tahun 2018 kegiatan serupa digelar, namun hanya bendera merah putih sepanjang 200 meter. Di tahun kedua ini, bendera lebih panjang yakni 740 meter. Kegiatan itu juga didukung semua komponen masyarakat umum dan seluruh tokoh di Kabupaten maupun Kota Mojokerto.

Dengan kegiatan ini semua bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan. Sekaligus, Kapolresta berharap kegiatan ini bisa meningkatkan, membangun dan mengisi kemerdekaan.

Hadir dalam acara ini Ika Puspitasari atau Ning Ita Walikota yang didampingi Wakil Walikota, Achmad Rizal Zakaria dan Sekdakot Mojokerto, Harlistyati. Selain itu juga perwakilan Pemkab Mojokerto, yakni Sekdakab Mojokerto, Hery Suwito. (adm/ats)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :