Gunung Merapi di Yogya Meletus, Kolom Letusan Setinggi 1.000 Meter

Gunung Merapi yang berada di Yogyakarta pada Minggu Pagi (17/11) meletus dengan ketinggian kolom mencapai sekitar 1.000 meter dari puncak.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, meletusnya Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 10.46 WIB. Petugas meminta agar masyarakat menjauh dari Puncak Merapi, dan dilarang mendekat di radius 3 KM.

Lasiman, petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang mengatakan, berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, letusan yang tercatat di seismogram, dengan amplitudo max 70 milimeter dan durasi 155 detik.

“Kolom letusannya setinggi kurang lebih 1.000 Meter. Angin bertiup ke barat,” ungkapnya. Minggu (17/11/2019)

Sementara terjait status Gunung Merapi, sampai Minggu siang, BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan statusny pada level II atau waspada.

Berita Terkait :  Gunung Bromo Erupsi Disertai Lahar Dingin

“Kami merekomendasikan, agar area tidak ada aktivitas manusia dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi,” tambahnya.

Akibat letusan gunung Merapi ini, di sekitar gunung terjadi hujan abu tipis mengguyur dua desa di sekitar Gunung Merapi di kawasan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Ketua BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, hujan abu tipis terjadi di Desa Sumber dan Keningar di Kecamatan Dukun yang jaraknya sekitar 11 hingga 12 kilometer.(sma/udi)

Baca juga :