Desa di Mojokerto Disetting Jadi Sentra Bibit Bambu, Ini Manfaat dan Potensi Ekonominya

Berita Lanjutan : Ini Manfaat Bambu secara ekonomi dan Lingkungan….

Berikut 5 manfaat tanaman bambu untuk lingkungan :

1. Mencegah Terjadinya Erosi
Bambu dapat ditanam di sekitar wilayah sungai atau pegunungan karena tumbuhan ini sangat efektif memperbaiki hulu dan sempadan sungai. Akarnya yang berjenis serabut dapat menstabilkan tanah dan mencegah erosi.

2. Memperbaiki cadangan air
Bambu dapat berfungsi sebagai pengendali cadangan air. Hal ini karena ia memiliki kemampuan mengkonservasi air. Batangnya bersifat kapiler yakni dapat menghisap dan menampung air.

3. Dapat menghilangkan bau tak sedap
Ternyata, arang bambu sangatlah berpori dan dapat menyerap sejumlah besar bakteri yang menyebabkan bau. Bahkan banyak benda-benda di sekitar kita seperti sol sepatu, dodoran, seprei, linen, kaus kaki, kemeja dan arang dari bambu yang dapat bermanfaat sebagai pengganti parfum.

4. Bahan dasar produk organik
Saat ini ada banyak produk organik yang kaya manfaat berbahan dasar tanaman ini, khususnya yang paling terkenal adalah kain. Produk berbahan ini diminati konsumen karena dikenal ramah lingkungan.

5. Penyerap karbon terbaik
Tanaman ini dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen 30 persen lebih banyak ke atmosfer dibandingkan pohon-pohon lainnya. Ini membuat tanaman ini sangat baik untuk menyerap gas rumah kaca. Juga baik dalam memproduksi oksigen segar bagi manusia di sekitarnya.

Sementara Budi Irawan, M.Si, Dosen Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran menjelaskan, secara ekonomi bambu memberikan manfaat secara langsung yaitu dari penjualan leunjeran, atau secara tidak langsung dari produk-produk berbasis bambu.

“Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya melestarikan bambu berbasis masyarakat berdasarkan hasil penelitian pada masyarakat,” ujarnya

Sejak dulu tanaman bambu dan hasil kerajinannya sudah diperjualbelikan. Dan di era sekarang, berbagai kreasi hasil kerajinan bambu bahkan sudah mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dan banyak dinikmati masyarakat.

Beragam kreasi kerajinan tangan dari bambu yang banyak dimanfaatkan masyarakat diantaranya meja kursi, tempat tidur, aneka keranjang, tralis, talang air, lonceng angin, pot bunga, tas hingga skad kamar mandi dan lain-lain.

Kini, berbagai kreasi dari bambu ini juga banyak dijual online melalui berbagai platform digital dan e-commerce.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :