Peringati Hari Anak Nasional 2021, Pemkot Mojokerto Bagikan 1000 Masker Hingga Jamin Pendidikan

Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap tanggal 23 Juli diperingati serentak oleh pemerintah, tak terkecuali pemerintah Kota Mojokerto. Dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan pesan utama “Anak Peduli di Masa Pandemi”. Pemerintah Kota Mojokerto membagi ribuan masker medis. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah melindungi anak-anak di Kota Mojokerto di masa Pandemi.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional, kali ini Pemkot Mojokerto sengaj mendatangkan sejumlah anak usia sekolah dasar untuk hadir dengan menggunakan pakaian adat nusantara. Usai diajak mendengar sambutan virtual Presiden Jokowi, anak -anak ini juga diajak berinteraksi langsung dengan Wali Kota.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, bukan hanya masker medis, di puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap tanggal 23 Juli juga memberi kado istimewa bagi anak-anak Kota Mojokerto yang lahir tepat di Hari Anak Nasional.

Kata dia, Pemkot Mojokerto telah berupaya semaksimal mungkin dalam melindungi anak-anak dalam segala hal, termasuk ditengah pandemi yang hingga kini masih mewabah. “Maka saat pandemi kita harus punya langkah strategis dalam rangka melindungi anak Indonesia,” ujar Ning Ita kepada wartawan di Ruang Nusantara, Kantor Pemkot Mojokerto, Jumat (23/7/2021).

Ning ita menyebut, upaya kongkrit tersebut salah satunya dengan memotivasi anak-anak untuk taat dan tertib bermasker saat beraktivitas di luar rumah. “Jika mereka patuh kita berikan hadiah kecil untuk mengapresiasi dan memotivasi mereka,” jelasnya.

Langkah konkrit untuk melindungi anak-anak di kala pandemi yakni dengan meneyediakan 100 boks masker ukuran anak-anak dan akan dibagikan di tahap pertama yang dimulai hari ini. “Dan semoga upaya seperti ini bisa membiasakan dan membuat anak-anak terlindungi terutama yang dibawah umur 12 tahun karena belum masuk sasaran vaksinasi,” cetusnya.

Bukan hanya itu, di masa Pandemi seperti ini Pemkot Mojokerto tetap memberi bekal pendidikan yang berkualitas di kala pandemi, pihaknya akan mengupayakan strategi pembelajaran daring menjadi menarik bagi anak-anak..(fad/ADV)